Membangun Desa Sesuai Skala Prioritas

    206
    FOTO : ADI/HARIAN SILAMPARI
    Camat selangit Christiandi besama tim kecematan melihat lokasi yang akan dibangun jalan setapak tahun anggaran 2019 di Dusun 3 Desa Taba Gindo.
    Advertisement

    Silampari Online,

    Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Desa Taba Gindo Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas tahun 2019 berlangsung sukses. Bertempat Kamis (10/1), di Kantor Desa Taba Gindo, dengan dibuka Ketua BPD Taba Gindo Endang Hidayat.

    Acara itu dihadiri Camat Selangit Christiandi Argani, Kades Taba Gindo, Indra Yanto, Kapolsek BTS Ulu Terawas AKP Haerudin diwakili Brigpol Burlian, Dandim 0406 MLM diwakili Koptu Yudo, Kasi PMD Satria Natanegara, Kepala Puskemas Selangit Uzer. Selanjutnya, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Mura Rudi Hariyansyah, Ketua BPD Endang Hidayat, Pendamping Desa Viddi Aldian, beserta perangkat Desa dan tokoh masyarakat.

    Camat Selangit Christiandi Argani mengatakan, ditahun 2019 ini mengharapkan ada pintu-pintu dalam pembangunan desa di Musi Rawas ini yang bisa digunakan Dana Desa 2019.

    “Kita mengharapkan pembangunan yang digunakan oleh Dana Desa ini harus terencana, harus tempat sasaran dan di utamakan Skala Priolitas,” ujarnya.

    Ia juga mengatakan, pembangunan untuk Dana Desa bukan dari insfraktur saja tapi banyak pembangunan-pembagunan yang lainnya, seperti pembangunan dari segi keagamaan, kebudayaan masyarakat, Anggota PKK, Posyandu kesehatan dan lain lainnya.

    “Jika terdapat usulan pembangunan tersebut belum terjangkau oleh Dana Desa yang tidak sesuai Perbub kita ajukan melalui Musrenbang tingkat kecamatan,” pesannya.

    Tujuannya untuk memberikan masukan kepada penerima agar menjalankan pembangunan tersebut dengan saksi-saksi terkait PU Binarga, Pu Cipta Karya dan pemukiman.

    “Kami harap kepada masyarakat baik itu pihak pemerintahan desa, anggota BPD dan seluruh masyarakat agar aktif dalam pembangunan yang akan dilaksanakan,” harapnya.

    Adapun usulan-usulan dari masyarakat dalam Musrenbangdes ini dari Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, Pkk dan Kader Posyandu yaitu pembangunan, Jalan rabat beton, poskamling, talud, siring, jembatan gantung, jalan stapak, tiang listrik, perlatan pkk dan peralatan puskesmas.

    Kades Taba Gindo mengatakan, semua usulan tersebut harus dicermati lagi karena dalam penganggaran dana bantuan ada aturan-aturan yang harus diperhatikan.

    “Saya lihat dari pertayaan masyarakat paling banyak diusulkan masyarkat Desa Taba Gindo pembangunan jalan usaha,” ujarnya.

    Harapan Kepala Desa Taba Gindo dengan sudah di selenggarakan Musrenbangdes ini, setiap usulan sudah di terima bisa membangun desa kedepannya lebih maju dan bisa memakmurkan masyarakatnya dibidang perekonomian Masyarakatnya.(CW-01)