iklan
Satu Untuk Semua

Mendes PDT Sebut Mura Bisa jadi Nomor Satu

Silampari Online, 

#Resmikan Embung Marga Baru

KETUA Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Mentri Desa PDT dan Transmigrasi meresmikan Embung Desa serta Peletakan Batu Pertama Desa Wisata Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan. Diharapkan dengan peresmian tersebut dapat menunjang sektor pertanian dan wisata serta membawa perubahan untuk kemajuan daerah Musi Rawas (Mura) sebagai kabupaten terbaik di Indonesia.
Peresmian Embung Air di Desa Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan dihadiri Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar didampingi Kemendes, PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjodjo, Anggota DPR RI Komisi X, Arzeti Bilbina, Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan, Wakil Bupati (Wabup) Mura, Hj Suwarti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa (Kades) dan ribuan masyarakat.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, saat ini pemerintah pusat terus meningkatkan jumlah Dana Desa. Bahkan, tiga tahun diberikannya bantuan tersebut mengalami peningkatan dengan tujuan untuk membangun Desa.
“Untuk bantuan DD diberikan pertama kali tahun 2015 sebesar Rp20 triliun, 2016 menjadi Rp40 triliun, 2017 meningkat Rp60 triliun dan tahun ini sama Rp60 triliun,”jelas Eko saat menyampaikan sambutan, Senin (19/2).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk penggunaan DD tahun ini sendiri setidaknya ada skala prioritas pembangunan. Diantaranya, Embung, Pembangunan Sarana Olahraga, Produk Unggulan Desa dan BUMDes.
“Khusus untuk embung sendiri termasuk di Desa Marga Baru bisa dijadikan sarana pariwisata dan mampu menjadikan Kabupaten Mura nomor satu di Indonesia,”terangnya.
Terlepas dari itu, dirinya meminta agar masyarakat untuk terus mengawasi penggunaan DD sesuai dengan untuk pembangunan di Desa. Sebab, kalau tidak diawasi maka dikhawatirkan nanti penggunaannya tidak tepat sasaran.
“Pada dasarnya adanya bantuan DD ini tidak lain agar pembangunan di Desa dapat berkembang sesuai harapan bersama,”ungkapnya.
Sementara itu, Ketua Umum PKB sekaligus Anggota DPR RI, H Muhaimin Iskandar menjelaskan, memberikan apresiasi tinggi masyarakat transmigrasi Marga Baru. Sebab, sejak tahun 1984 membangun dengan tanah seadanya namun bisa maju seperti ini. Sehingga, diharapkan pemerintah dapat memfasilitasi lanjut terutama jalan melalui APBN.
“Adanya embung di Desa Marga Baru luar biasa karena merupakan produk nyata dari DD. Karena, embung Desa ada faktor ekonomis, wisata, kebutuhan peningkatan pertanian, gizi keluarga dan semoga adanya DD bisa memberikan tambahan pembangunan infrastruktur mendesak masyarakat,”papar Cak Imin sapaan akrabnya.
Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan mengaku sangat bersyukur dengan hadirnya tokoh-tokoh nasional saat perayaan dua tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Hj Suwarti.
“Saya tentunya sangat bersyukur. Sebab, di moment dua tahun kepemimpinan saya dan wakil bupati mendapat kado istimewa dengan hadirnya tamu agung,”aku Hendra.
Terlepas dari itu, pejabat nomor satu di Bumi Lan Serasan Sekentenan ini bangga dengan adanya peresmian embung yang sangat berguna tidak hanya disektor pertanian saja. Akan tetapi, memberikan efek lainnya seperti yang disampaikan ketua umum PKB H Muhaimin Iskandar.
“Intinya mulai pemerintah pusat, provinsi, dan daerah saling bahu membahu satu sama lain dalam membangun desa tak terkecuali untuk di Mura sesuai harapan bersama,” akunya. (HS-02)

Komentar
Loading...