Mengenal Sosok MC Ternama, Emiliana

  • Whatsapp
Emiliana

Harus Miliki Keberanian Yang Lebih

Silampari Online,

Muat Lebih

Menjadi seorang Master of Ceremonies (MC) tidaklah mudah yang kita bayangkan, dan banyak yang harus dipelajari, mulai dari keberanian, bagaimana cara di atas panggung dan bagaimana cara menguasai materi yang dibawakan. Namun tidak bagi Emiliana. Berikut ceritannya.

Adi Arianza – Musi Rawas

Sosok seorang MC ternama, Emiliana biasa disapa Emil, cantik dan ramah tamah ini saat ditemui Harian Silampari, Senin (24/6) di Kantornya yakni, di Kelurahan Mesat Jaya, Kecamatan Lubuklinggau Timur II menceritakan bagaimana menjadi seorang MC.

Perempuan Kelahiran Kota Lahat ini mengatakan menjadi seorang MC sudah banyak ia lakoni. “Alhamdulillah mulai dari tahun 2010 sampai sakarang kalau lagi ada acara Festival saya selalu ditunjuk untuk menjadi MC, baik Itu festival Sriwijaya maupun pegelaran keluar Provinsi,”ungkapnya.

Ia pernah SMA di Banyuasin I, Kota Pelaju dan juga lulusan Sarjana STKIP Kota Lubuklinggau. Dirinya mengungkapkan pernah empat tahun berturut-turut menjadi MC acara International Musi Triboatton Etape lI.

Dan tahun ini, ceritanya masih di percaya untuk MC festival Sriwijaya, bersama tim kesenian Musi Rawas yang mendapat predikat tim terbaik.

“Awal menjadi MC sekedar ingin tau saja, ketika melihat dari orang lain saya kira enak, terus saya mencoba acara HUT Mura, dari sanalah mulai belajar menjadi MC, di festival-festival yang ada di Kabupaten Musi Rawas,”tuturnya.

Pada akhirnya, terus menerus yang sedang ditekuni itu mengalir sampai ingin mendalami lebih banyak lagi tentang bagaimana cara menjadi seorang MC.

Selama ia menjadi MC tidak ada yang mengajari, belajar secara otodidat (belajar sendiri), mulai dari melihat seniornya, disaat sudah tampil dengan bagus, lalu dipelajarinya.

“ Saya melihat Senior saya bagaimana cara diatas panggung, kalau lomba antar Kabupaten seperti apa, sedikit – sedikit ahirnya ia bisa,”ungkapnya.

Salah satu yang ia sering pelajari ketika ia melihat Seniornya Herman Jaya MC dan ia mengikuti apa yang ia lihat maka ia Pelajari.
Menjadi seorang MC harus mempunyai keyakinan kepada diri sendiri, bahwa kita bisa, mempunyai keberanian yang lebih saat di atas panggung.

“Karena kalau tidak mempunyai keberanian yang lebih, kalau lagi di atas panggung ketika melihat orang banyak pasti tidak bisa berbicara dan grogi,”jelasnya.

Selain MC, Emiliana sebagai Kasi Pelestarian dan Pengembangan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musirawas. “Makanya kalau ada event-event budaya dan seni saya sangat memahami untuk mempromosikan di atas panggung,”ujarnya.

Kalau ingin menjadi seseorang MC, menjadi protokol tidak hanya membaca, tetapi harus bisa mengembangkan, kata-kata diatas panggung, harus bisa menguasai diri dan orang lain yang menonton, dan itulah penyemanggat di atas panggung.

“Semoga ke depan saya bisa memberikan yang terbaik untuk Musi Rawas Sempurna,”Harapnya.(*)

banner 468x60