Satu Untuk Semua

Padamkan Api, Lihat Arah Angin

Silampari Online,

PRABUMULIH – PT. Pertamina EP Asset 2 Kota Prabumulih menggelar simulasi pemadaman api, jika terjadi bencana kebakaran. Simulasi ini dilakukan di area kawasan Pertamina khusus untuk tempat simulasi.  Sebelum simulasi dilakukan, seluruh Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel dikumpulkan untuk diberikan pemahaman dan pengetahuan cara menggunakan Apar dan cara memadamkan api.

ACC Departemen Fungsi Sefti yang bertanggungjawab dengan kesehatan dan keselamatan kerja Pertamina EP 2 Asset, Fikri Kusnandar mengatakan, bahwa dalam setiap tahun, pihaknya selalu melatih tim sebanyak satu kali. Kegunaannya, tim lebih lincah lagi dalam tanggap darurat kebakaran,” ungkapnya kepada awak FJM, Rabu (7/11).

Lebih lanjut, ia menjelaskan dalam penggunaan alat pemadam kebakaran terdiri dari tiga jenis, Pertama ada apar yang isinya gas, bubuk dan berupa cairan.  Dalam penggunaannya juga berbeda sesuai dengan apa yang terbakar. Misalnya, kalau konsleting listrik, ngak mungkin kita menggunakan apar cairan akan menambah parah nantinya. “Pada saat memadamkan api maka, lihat terlebih dahulu arah angin. Maksudnya, kemana api mengarahnya. Kemudian, untuk pemadaman api harus berlawanan arah dengan arah angin,” sambungnya. Selain apar, media yang bisa digunakan untuk memadamkan api yakni selimut api. Caranya, selimut itu dibasahi terlebih dahulu dengan air, kemudian tutupkan api tersebut dengan kain basah. “Tetap melihat kemana arah anginnya,” ucapnya.

Saat pemadaman api, sambung dia, jumlah personil terdiri dari 10 orang lebih. Sebenarnya, lima orang cukup tergantung tingkat kemahirannya.  “Alhamdulillah, selama kita melakukan pemadaman api, baik kebakaran rumah di masyarakat belum ada korban jiwa karena kita sudah siap tanggap, ” pungkasnya. (HS-01)

Komentar
Loading...