Panen Serentak, Harga Beras Turun

  • Whatsapp
<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> Salah seorang petani sedang melakukan penggilingan berasnya kendati harga jual beras menurun
banner 468x60

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Panen serentak membuat harga jual beras petani di Bumi Lan Serasan Sekentenan mengalami penurunan harga. Dimana, penurunan harga tersebut mencapai Rp8000/Kilogram.

Muat Lebih

banner 300250

Warjo (50) salah satu petani Kecamatan Purwodadi mengatakan, para petani diwilayahnya sangat menyesalkan adanya penurunan harga beras ditingkat setempat.

“Mayoritas petani di Purwodadi dan sekitarnya sekarang ini harus menelan pil pahit. Mengingat harga beli beras di tingkat petani hanya dihargai Rp8 ribu saja perkilo,”jelas Warjo kepada Harian Silampari, Kamis (2/5).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, kondisi ini jelas sangat merugikan petani. Sebab, harga tersebut berlaku di hampir semua pabrik penggilingan padi di sekitar Kecamatan Purwodadi yang menjadi sasaran utama petani menjual beras setiap kali musim panen tiba.

“Untuk harga beli beras yang hanya menyentuh Rp8 ribu tersebut jelas jauh dibandingkan harga beli beras petani di musim panen sebelumnya,”terangnya.

Menurutnya, musim panen sebelumnya beras petani dihargai Rp9 ribu hingga Rp10 ribu perkilogram tergantung kualitas beras itu sendiri. Namun musim panen kali ini petani benar-benar dibuat mengeluh karena harga beli di tingkat pabrik penggilingan padi hampir dipukul rata Rp8 ribu perkilo.

Sementara itu, Camat Purwodadi M Badrun menjelaskan, turunnya harga beras ditengarahi akibat panen serentak yang terjadi di Kecamatan Purwodadi dan sekitarnya. Apalagi, Kecamatan Purwodadi menjadi salah satu sentra persawahan tanaman padi di Mura. Itu sebabnya panen serentak turut berdampak pada harga beras khususnya di Kecamatan Purwodadi dan sekitarnya.

“Kondisi panen serentak yang terjadi di hampir seluruh persawahan di Kecamatan Purwodadi dan sekitarnya. Makanya harga beras mengalami penurunan dibandingkan musim panen sebelumnya. Akan tetapi, kendati begitu para petani tetap mendapatkan keuntungan,”pungkasnya. (HS-03)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60