Pasang Rambu-rambu Waspada Longsor

32
FOTO : BADRI/HARIAN SILAMPARI
PASANG : Petugas Badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Rejang Lebong memasang rambu-rambu awas Longsor dibantarkan sungai Periang

Silampari Online,

SINDANG BELITI ILIR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten RL kemarin meninjau lokasi jalan provinsi yang semakin mengancam. Jalan provinsi yang terkena longsor sejak tahun 2016 ini berada di Desa Periang Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI).

Selain meninjau lokasi jalan provinsi tersebut, BPBD dan Dinas PUPRPKP Kabupaten RL juga melakukan pemasangan rambu peringatan untuk penggunakan jalan. Karena jalan yang longsor tersebut panjangnya sudah mencapai 50 meter. Kondisi tergerus air sungai dan curah hujan di lokasi jalan provinsi tersebut sudah terjadi sejak tahun 2016 lalu.

“ Kita sudah melihat langsung dan melakukan pemasangan rambu peringatan. Karena kalau tidak bisa membahayakan penggunakan jalan saat melintasi lokasi, terutama saat malam hari. Kita akan segera koordinasi dengan PU Provinsi maupun BPBD Provinsi agar segera ada penanganan, agar jalan tidak semakin parah digerus longsor,’’ terang Kepala BPBD RL Basuki, S.Sos

Ditambahkan Basuki, mereka berharap pihak Pemprov Bengkulu bisa segera mengambil langkah perbaikan. Apalagi saat ini curah hujan semakin meningkat di Kabupaten RL. Dikhawatirkan kondisi jalan bisa semakin parah bahkan bisa putus total.

“ Apalagi kondisi ini (longsor, red) sudah mulai terjadi sejak tahun 2016 lalu. Kita berharap ada langkah cepat pemprov untuk melakukan penanggulangan terhadap kondisi jalan provinsi tersebut,’’ singkat Basuki.(HS-06)