Pelajar Mesti Tahu Etika Berpolitik

179
Advertisement

Silampari Online,

MURATARA – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Muratara, Zainal Arifin mengimbau seluruh pelajar agar cerdas bermain media sosial (medsos) terutama di tahun politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 ini.

Hal itu disampaikannya pada acara sosialisasi pembekalan peningkatan pemahaman pendidikan politik dan etika budaya politik yang diadakan Badan Kesbangpol di Aula Siti Rahma, Kamis (21/3).

Menurut Pj Sekda, pelajar harus mampu memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh orang tuanya seperti handphone agar digunakan dengan sebaik-baiknya dan menghindari menyebar ujaran kebencian di medsos.

“Politik bagi kaum pelajar itu baru mengenal kulit politik saja, tentu sangat mudah terprovokasi dengan konten-konten negatif di medsos, nah dalam hal ini pelajar harus cerdas memilah berita yang beredar,” katanya.

Dilanjutkan, pada tahun politik seperti sekarang ini banyak sekali ditemukan ujaran kebencian yang sering meramaikan medsos, sehingga para pelajar ini perlu dipagarai terlebih dahulu dengan pengertian politik yang sesungguhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Muratara, Erwin Abdul Karim menambahkan, tujuan diadakannya sosialisasi pembekalan peningkatan pemahaman pendidikan politik dan etika budaya politik ini untuk mengetahui etika politik yang baik.

Hal itu katanya tidak hanya menyangkut individual semata, tetapi juga pada tindakan sosial. Sebab, etika politik menggantungkan tiga dimensi yang berhubungan dengan dinamika politik.

“Karena itulah kami menginginkan hasil dari acara ini para pelajar khususnya yang menjadi pemilih pemula harus mengetahui etika dalam berpolitik,” imbuhnya. (KHS-01)