Pelantikan 55 Pejabat Pengawas

484
FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI
Wabup Mura, Hj.Suwarti
Advertisement

Birokrat Mesti Tinggalkan Mental Penguasa

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti melantik 55 pejabat Eselon IV atau pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura). Berikut liputannya.

Krismanto-Musi Rawas

Pelantikan dilaksanakan di Balai Latihan kerja (BLK) jumat kemarin (22/3). Dalam arahannya Wabup Kabupaten Mura, Hj Suwarti mengatakan pelantikan merupakan hal biasa dalam sebuah organisasi untuk menghasilkan pegawai yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Pelantikan merupakan kebutuhan organisasi guna meningkatkan kapasitas karir pegawai guna memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik sesuai tugas masing-masing,”jelas Suwarti.

Lanjut Suwarti, dengan pengalaman dan profesionalisme yang dimiliki.Dirinya yakin dengan tantangan yang ada dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya dengan meninggalkan mental priayi atau penguasa.

Birokrat mesti melayani dan mengabdi sepenuh hati untuk kejayaan dan kesejahteraan rakyat.

“Jaga kode etik profesi dan pedomani sumpah jabatan serta pegang teguh komitmen Panca Prasetya Korpri. Buktikan kepada masyarakat bahwa integritas dan kinerja aparatur negara semakin berkualitas dan dapat dibanggakan,”terangnya.

Jabatan merupakan kedudukan yang menunjukkan fungsi, tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang pegawai ASN dalam suatu satuan organisasi. Sebab pengisian jabatan harus berdasarkan pada pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan.

“Pelantikan dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Melainkan merupakan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal,”paparnya.

Terlepas dari itu, Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura ini berharap kepada pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas sebagai jati diri dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Pada dasarnya tingkatkan kinerja dengan semangat AK5 dan patuhi aturan yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan. Terpenting hindari dan jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun,”pungkasnya. (*)