Peminat PPDB SMKN 1 Membeludak

139
FOTO : BUDI SANTOSO/HARIAN SILAMPARI
Puguh Purnomo
Advertisement

Silampari Online,

JOGOBOYO– Minat peserta didik belajar di SMK Negeri 1 Lubuklinggau diluar ekspetasi. Membeludak. Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2019/2020, jumlah peserta mendaftar secara online mencapai 802 orang. Tahun ajaran lalu peserta yang mendaftar hanya 600 orang.

Kenaikan jumlah pendaftar PPDB ini tentu tak lepas dari kualitas sekolah yang memiliki 5 program keahlian. Yakni akutansi keuangan lembaga, otomatisasi tata kelola perkantoran, bisnis daring dan pemasaran, Multimedia, serta usaha perjalanan usaha.

Calon peserta didik baru ini berasal SMP sederajat dari Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Muratara, hingga Kabupaten Lahat, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

“Tingginya animo orang tua maupun wali murid mempercayai sekolah ini sebagai tempat menuntut ilmu, tentu berkat kerja keras dewan guru, dan para peserta didik yang sudah mengharumkan nama sekolah dari prestasi ditorehkan di tingkat lokal, regional hingga nasional,” jelas Kepala SMKN 1 Lubuklinggau, Puguh Purnomo kepada Harian Silampari, Rabu (22/5).

Lebih lanjut Puguh menjelaskan untuk pendaftaran PPDB di SMKN 1 dimulai tanggal 14 Mei hingga 20 Mei 2019. “Tes akan dilaksanakan 25 Mei selama satu hari di lokal kelas yang sudah disiapkan sebanyak 27 lokal. Untuk satu lokal akan diisi 30 orang. Rencananya akan kita terima dari dua jalur, yaitu jalur prestasi sudah dilaksanakan Februari terjaring 43 siswa berasal dari Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas, dan satunya lagi dari jalur tes regular,” ungkap Puguh menyebutkan untuk daya tampung nanti jumlahnya 12 kelas dengan isi satu kelas 34 orang.

Puguh membenarkan jumlah pendaftar tahun ini memang naik signifikan. “Tahun lalu 600 orang mendaftar, dan tahun ini 800 lebih. Satu sisi ini kebanggaan SMKN 1 yang menjadi pilihan, khususnya masyarakat ekonomi bawah. Tapi perlu dicatat alumni SMKN 1 bisa bekerja dan kuliah. Tahun lalu saja ada empat siswa diterima kuliah melalui Bidik Musi dengan kuliah di Unsri, Universitas Padang, dan UNIB. Artinya di sini kita syukuri anak SMKN 1 mampu melanjutkan studinya, siap kerja untuk memenangkan kompetensi,” tegas Puguh yang menjabat sudah tiga tahun ini.

Di mana, Puguh mengakui untuk tahun pertama menjabat dirinya konsen peningkatan sarana prasarana sekolah, termasuk gedung ruang kelas, komputer di sekolah. Tahun kedua, kata dia, peningkatan kualitas kompetensi guru dan peserta didik sesuai dengan program keahlian. “Harapan kami kemajuan di sekolah ini didukung orang tua dan wali murid. Tidak hanya mengandalkan pemerintah semata, karena kepedulian orang itu dapat mendukung percepatan dan aktivitas siswa siswi dalam belajar,” imbuhnya. Di SMKN 1 juga memiliki banyak ekskul. Antara lain Paskib, Pramuka, PMR, Pecinta Alam, Voli, Basket, Futsal, Bulutangkis, Seni Teater, Rohis, Hadroh, dan kelompok Bahasa Inggris, serta Sejarah. (HS-09)