Pemuda Tani Melenia Terima Bantuan

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : BADRI/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>SOSIALISASI :</strong> Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan kabupaten Rejang Lebong Taman didampingi Kabid perikanan, perternakan menerangkan bantuan bibit cuma-cuma bagi kelompok pemuda tani Melenia dan di ikuti calon penerima bantuan anggota kelompok tani melenia Sabtu (13/4)

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Kelompok pemuda tani melenia yang terdiri dari pengurus remaja Islam masjid dan karang Taruna yang ada di Rejang Lebong (RL) dalam waktu dekat akan mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertankan) setempat,hal ini tergambar dari sosialisasi paket bantuan pemerintah pemuda tani Risma dan Kurang Taruna di aula dispertan, Sabtu (13/4).

Muat Lebih

Kepala Dispertankan Rejang Lebong, Taman saat diwawancari sejumlah awak media mengatakan, bantuan yang akan diberikan kepada para pemuda tani itu berupa bantuan ternak ayam, itik dan ikan yang bersumber dari APBD 2019 dengan tujuan untuk mendorong dan meningkatkan minat kalangan pemuda dalam berusaha khususnya dunia pertanian dan perikanan sesuai dengan potensi desanya masing-masing.

” Bantuan perdana khusus untuk pemuda tani yang terdiri dari pengurus Risma dan karang Taruna desa yang kita namakan kelompok pemuda tani melenia, karena rata-rata calon penerima bantuan ini adalah anak-anak muda Bantuan ini merupakan program bibit gratis Pemkab RL,” ungkap Taman.

Adapun rincian sambung Taman bantuan yang akan diberikan nanti, meliputi, bantuan ayam petelur untuk 4 kelompok, ayam buras untuk 5 kelompok, bibit itik 4 kelompok dan bantuan paket benih ikan untuk 20 kelompok, dimana masing-masing bantuan berupa paket yang meliputi sarana dan prasana budidaya, seperti bibit, pakan, kandang atau kolam.

” Kita ingin pemuda Rejang Lebong maju, bantuan ini sebagai stimulan agar mereka semangat dalam berusaha tani,sehingga bisa mengembangkan usaha pertanian dan perikanan sesuai dengan bantuan yang bakal merek terima nantinya dan tentunya kelompok pemuda tani ini akan penyuluhan intensif dari penyuluh tani sehingga hasilnya bisa dinikmati dan diteruskan kembali usahanya ” Imbau Taman.

Sementara itu dirincikan Kabid perikanan dispertan RL Menambahkan bahwa Calon penerima bantuan kelompok pemuda tani untuk perikanan terdiri dari 20 kelompok pemuda tani. Bantuannya berupa bibit ikan sesuai dengan yang disusulakan kelompok masing-masing ikan mas,nila,atau lele kurang lebih 20.000 ekor.

“Setiap kelompoknya kemudian pakan 450 kg perkelompok dan sarpras laiinya begitu juga dengan peternakan juga menerima bantuan bibit ternak itik,ayam petelur,ayam buras yang juga dilengkapi dengan pakan sebanyak 300 kg, obat-obatan,” singkat Ariyanto.(HS-06)