Satu Untuk Semua

Peran Wanita dalam Pembangunan Nasional

26

Silampari Online,

MURATARA – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Lia Mustika Syarif mengatakan peran wanita dalam pembangunan nasional harus ditingkatkan.

Hal itu disampaikannya dalam seminar memperingati Hari Ibu ke 90 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke 19 tingkat Kabupaten Muratara di Aula Siti Rahma Muara Rupit, Kamis (6/12).

Bagaimana meningkatkan peran wanita itu kata Bunda Lia, ialah dengan cara meningkatkan hak-hak kewanitaan, pendidikan, dan pemberdayaan warga melalui PKK tingkat desa.

Dalam seminar itu, Bunda Lia juga menjelaskan pentingnya pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak, karena anak harus dilindungi dari orang-orang jahat yang ada di sekitarnya.

“Ayo sama-sama, saling bahu membahu kita menjaga anak kita, supaya jauh dari pelecehan seksual dan kekerasan, anak-anak adalah generasi penerus yang harus dilindungi,” ajaknya.

Sementara itu, Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat melalui Kepala Dinas PMDP3A, Firdaus menyampaikan, wanita memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki dalam pembangunan bangsa.

“Misalkan sektor ekonomi, kini telah didominasi wanita, bahkan tidak jarang wanita memamerkan hasil kulinernya,” kata Firdaus.

Lanjutnya, wanita juga telah berperan dalam memberikan ide, bahkan wanita telah dianugerahkan kelebihan, mereka menyelesaikan pekerjaan yang banyak dalam waktu cepat.

“Sekarang wanita tidak lagi hanya diam di rumah, seorang wanita bisa berkreasi membantu keluarga mencari nafkah,” ujarnya.

Namun demikian, wanita harus tetap memberikan perhatian yang khusus kepada anak-anaknya. “Tapi ingat, anak-anak juga jangan dilupakan, karena mereka adalah aset,” imbuhnya. (KHS-01)

Komentar
Loading...