Perang ‘Bintang’ Pilkada 2020

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : NET</div></small>Ilustrasi

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Nama-nama yang sudah mulai muncul diperbincangkan menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten Rejang Lebong (RL) diantaranya Ketua angkatan muda partai Golkar yang juga ketua palang merah Indonesia RL Hendra Wahyudiansyah SH yang merupakan putra Bupati RL Dr.H.A.Hijazi.

Muat Lebih

Kemudian Istri mantan Bupati RL Hj Susilawati kemudian tak luput juga digadang-gadangkan wakil Bupati H.Iqbal Bastari Selanjutnya dari kalangan Pengusa Properti M.Fikri Thobari putra dari mantan kepala kantor kemenang Rejang Lebong Thobari Mu,ad,Syamsul Efendi mantan calon Bupati Rejang Lebong pun takluputdari perbicangan masyarakat.

Kesemuanya bukan tidak mungkin melaju menjadi bakal calon bupati/wakil Bupati Rejang Lebong tahun 2020 mendatang,selain kapasitas pilitisi dan anggota dewan mereka juga dinilai bebaga latar belakang politik contohnya wakil Bupati H.Iqbal Bastari yang sudah dua kelai menjadi wakil bupati di Rejang Lebong yakni mendampingi H.Suherman priode pertama tahun 2005-2010 tanpa diduga pada pilkada periode 2016-2021 malah terpilih mendampingi Bupati Hijazi sampai sekarang yang tak lain lawan poltiknya dip rode 2005-2010

“ Lain kalau memang sudah takdir menjadi Bupati Rejang Lebong,kalau saat ini saya belum kepikiran mas (wartawan red) dan saya masih focus mendampingi pak Hijazi hingga masa jabatan usai serta menuntaskan visi dan misi pemerintah daerah Rejang Lebong,jadi kalau mencalon bupati sekali lagi saya belum kepikiran “ kata Iqbal Bastari.

Sementara itu, DPC partai Demokrat Zulkarnain Thaib yang berhasil dihubungi melalui telpon genggamnya kemarin senin (17/6) mengatakan Posisi dan kekuatan Partai Demokrat di Kabupaten Rejang Lebong (RL) sepertinya bertambah. Dimana jika Pemilu 2014 lalu, mereka hanya mampu meraih tiga kursi dari 4 daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten RL, pemilu 2019 mereka mendapatkan 4 kursi.

Dimana seluruh Dapil mereka berhasil meraih masing-masing satu kursi. Belum berani banyak berbicara perihal prediksi untuk pengusungan pasangan calon kepala daerah untuk menyongsong Pilkada 2020 di Kabupaten RL.
Ketua Partai Demokrat Kabupaten RL Zulkarnain Thaib, SH yang dikonfirmasi kemarin mengatakan, mereka masih fokus untuk menunggu penetapan calon terpilih DPRD Kabupaten RL.

Setelah itu baru menyiapkan usulan calon unsur pimpinan DPRD RL periode 2019-2024 mendatang. Selain meraih 4 kursi dewan, mereka merupakan peraih suara terbanyak kedua setelah Partai Golkar pada Pemilu 2019 untuk pemilihan DPRD Kabupaten RL.

“ Kita tunggu dulu pelantikan resmi calon terpilih untuk DPRD Kabupaten Rejang Lebong periode 2019-2024. Kita juga masih menunggu peraturan atau regulasi terkait Pilkada nantinya. Apakah sama dengan pilkada sebelumnya atau nanti malah ada perubahan regulasi dari KPU,” terang Zulkarnain.

Dilanjutkan Zulkarnain, kalau sudah ada kepastian soal regulasi dan tahapan pilkada, baru nantinya mereka menyiapkan proses penjaringan pasangan calon pilkada 2020. Begitu juga soal kualisi yang akan dibentuk untuk piljkada.

“ Kalau sudah jelas, baru kita bicara soal penjaringan. Begitu juga dengan kualisi yang akan kita jaring nanti, meskipun secara lisan sudah ada komunikasi dengan beberapa partai lain, tapi masih sebatas koordinasi biasa. Tapi yang jelas, kita pasti akan mengusung pasangan calon pada Pilkada 2020 nantinya,” singkat Zulkarnain.(HS-06)