Periksa Kondisi Kesehatan WBP

    245
    Advertisement

    Silampari Online,

    MARTAPURA – Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan tahanan, sebulan 4 kali ada tim kesehatan dari Dinkes OKU Timur yang memeriksa kondisi kesehatan WBP dan Tahanan. Hal tersebut diungkap Kepala Cabang Rutan Martapura Royhan Al Faisal melalui Kasubsi Pelayanan dan Pengelolaan Oktomi DH.
    ”Jadi dalam sebulan itu ada 4 kali pemeriksaan yang dilakukan dokter dari Puskesmas Martapura, bagi tahanan yang tiba-tiba sakit akan langsung dibawa kerumah sakit terdekat,” kata Oktomi.
    Selain itu, para WBP diberikan keterampilan atau latihan kerja. Pelatihan keterampilan ini diharapkan bisa menjadi modal bagi warga binaan setelah bebas menjalani hukuman.“Kita lakukan agar supaya mereka memiliki keahlian atau keterampilan,” ujarnya.
    Terlebih lanjut kata dia, ketika saat mereka keluar dari Rutan sudah memiliki keahlian serta tidak melakukan tindak kejahatan lagi. “Jadi dengan adanya pelatihan kerja ini akan membuat mereka memiliki pekerjaan,” pungkasnya.
    Selain itu, untuk meningkatkan iman dan taqwa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Martapura rutin mengadakan pengajian. Bahkan jika para WBP yang ingin mengajukan bebas bersyarat dan cuti bersyarat, WBP wajib menghapal tujuh ayat pendek dan sholat.
    “Ini kita lakukan agar setiap WBP yang akan mengajukan bebas bersyarat maupun cuti bersyarat terpacu untuk mengaji dan dibekali pencerahan rohani ,”tegasnya. (clau)