Peringatan Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat

    397
    Sekda Abdullah Matcik menaburkan bunga pada makam pahlawan, Sabtu (10-11)
    Advertisement

    Silampari Online,
    PERINGATAN Hari Pahlawan ke 73 tahun 2018 di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berlangsung khidmat. Bertempat di Kelurahan Pasar Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Sabtu (10/11).
    Ada beberapa agenda dalam peringatan hari pahlawan tersebut, yakni upacara hari pahlawan di lapangan Koramil Kelurahan Pasar Surulangun, pemberian bingkisan dan uang tali asih kepada para janda veteran dan upacara ziarah serta tabur bunga di Taman Makam Pejuang (TMP) Trisatria Bhakti Pasar Surulangun.
    Dalam kesempatan itu, hadir para pejabat dari Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) baik sipil maupun TNI dan Polri, kemudian para ulama, sesepuh, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, keluarga besar pejuang serta tamu undangan lainnya.
    Hadir juga Sekda Muratara, H Abdullah Makcik, Ketua DPRD Efriansyah, Kepala Dinsos Zainal Arifin, para Kepala OPD di lingkup Pemkab Muratara, para camat, kepala desa, serta pelajar dari tingkat SD, SLTP dan SLTA sederajat.
    Pada kesempatan tersebut, Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan amanah tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos), Agus Gumiwang Karta Sasmita.
    Bupati menyampaikan tujuan memperingati hari pahlawan tahun 2018 ini untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta Tanah Air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara, di hati sanubari bangsa Indonesia. 
    Adapun tema hari pahlawan tahun 2018 ini ”Semangat Pahlawan di Dadaku”, mengandung makna sesuai fitrah dalam diri setiap insan, tertanam nilai nilai kepahlawanan, maka siapapun dapat menjadi pahlawan.
    “Tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara,” kata Bupati.
    Masih membacakan pidato Mentri, oleh karenanya lanjut Bupati, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan, mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. 
    “Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter Iokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial, sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, dan memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan,” tambahnya.
    Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Muratara, Zainal Arifin Daud mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, nilai dan semangat rela berkorban terutama pada generasi muda harus terus berkobar.
    Menurut dia, untuk mengobarkan semangat rela berkorban terutama pada generasi muda, pihaknya berupaya melibatkan pemuda dalam berbagai kegiatan sosial, diharapkan pemuda dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan semangat rela berkorban.
    Selain itu lanjut Kadinsos, peringatan hari pahlawan ini juga harus diisi dengan kegiatan positif, dan menjauhi kegiatan-kegiatan negatif, seperti narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, kenakalan remaja dan perbuatan buruk lainnya.
    “Bedanya dari tahun lalu, peringatan tahun ini baru kita adakan lomba berpakaian busana pahlawan untuk pelajar SLTP dan SLTA sederajat, tujuannya agar tumbuh rasa kepahlawanan dalam diri anak-anak muda,” ujarnya.(HS-04)