Perpustakaan SDN 15 Prabu Jaya Terbakar

Silampari Online,

PRABUMULIH – Kejadian kebakaran hebat kembali terjadi, kali ini menimpa perpustakaan dua sekolah yaitu SDN 15 di Jalan Dian Kelurahan Prabu Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur.

Kebakaran terjadi dini hari kemarin (16/1), sekitar pukul 00.30 WIB menimpa perpustakaan dua sekolah tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun hingga berita ini diturunkan belum diketahui persis penyebab kebakaran tersebut. Tetapi, ada dugaan kalau penyebab kebakaran tersebut, akibat konsleting listrik.

Informasi di himpun koran ini di lapangan, keterangan saksi, Endra Yuniarto (32), pejaga sekolah kepada polisi. Kalau dirinya, hanya melihat ada api dari dalam ruangan perpustakaan ketika sedang berjaga.

“Waktu itu, apinyo masih kecik. Dalam itungan menit, apinyo cepat nian membesak. Apolagi, di perpustakaan itu banyak buku, kertas yang mudah tebakar,” jelasnya.

Melihat api membesar, ia pun meminta pertolongan dengan berteriak dari sejumlah warga di sekitar lokasi. Tetapi, naasnya api malah dengan cepat membakar perpustakaan tersebut dan menghanguskannya.

“Datang tetanggo sebelah sekolah, juga memanggil warga lainnya. Kita juga bantuan mobil pemadam kebakaran dari pihak Pemerintah kota (Pemkot),” akunya didampingi Arif, tetangga sebelah sekolah.

Tak lama, 2 unit mobil Pemadam Kebakaran (PBK) bersama petugas langsung datang ke lokasi kejadian. Langsung memadamkan api yang tengah berkobar, hanya dalam waktu satu jam dengan dibantu warga korban api tersebut bisa dikuasai dan dikendalikan.

Kejadian kebakaran tersebut, juga menjadi perhatian para awak media yang tengah rapat di Kantor PWI yang berada di Taman Prabu Jaya (PJ).

Mendapat kejadian tersebut, para awak media pun langsung melakukan peliputan kejadian menghebohkan ditengah malam tersebut.

“Pas kami lagi rapat, membahas HPN. Tak sengaja mendengar teriakan dan juga kebakaran, seluruh awak media pun keluar dan langsung melakukan peliputan,” terang Ketua PWI, Mulwadi atau bisa disapa akrab Kemong.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Alhadi Ajansyah SH ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan telah terjadi kebakaran di perpustakaan SDN 15.

“Kejadian itu, pertama kali diketahui pejaga sekolah. Sempat memadamkan api dengan peralatan seadanya, tetapi tidak berhasil. Ia pun meminta pertolongan warga akhirnya,” terangnya.

Masih kata dia, mendapat laporan adanya kejadian kebakaran, petugasnya langsung bergerak ke TKP dan melakukan olah TKP.

“Sekitar lokasi kejadian, guna memudahkan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran ini. Di TKP, kita pasang garis polisi (police line),” ujar Alhadi.

Menurutnya, penyebabnya masih diselidiki lebih jauh. Kejadian ini, tidak ada korban jiwa hanya kerugian material saja. Perpustakaan dan perlengkapan buku di dalamnya hangus terbakar, besar kerugiannya belum diketahui. Karena, masih dihitung pihak sekolah,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud), HM Rasyid SAg MM dikonfirmasi menjelaskan, membenarkan kalau perpustakaan SDN 15 yang terbakar.

“Iya memang perpustakaan SDN 15 terbakar, hanya saja memang berada di Komplek SDN 15 dan SDN 25. Atap dan kaca-kaca terpaksa dipecah untuk pemadaman, buku-buku juga banyak yang basah,” sebutnya.

Rasyid menyebutkan, kalau kerugian terpaksa ditanggung akibat kejadian kebakaran dini hari tersebut ditaksir sekitar Rp 30 jutaan. “Ruang perpustakaan SDN 15 yang terbakar tersebut, jelas akan dilakukan perbaikan oleh pihak sekolah,” tandasnya. (03/PP)