PMI, Sebulan Butuh 200 Kantong Darah

    123
    Advertisement

    Silampari Online,

    PRABUMULIH – RS Fadhilah menyambut ulang tahun (ultah) kelimanya mengelar bakti sosial (baksos) berupa kegiatan donor darah. Nah, hasilnya dari 150 pendonor ditargetkan. RS Fadhilah bekerja sama dengan PMI dan UTD RSUD berhasil mengumpulkan 79 kantong darah. Terdiri dari 24 kantong golongan darah O, 25 kantong golongan darah A, 22 kantong golongan darah B, dan 8 kantong darah AB.
    Ketua PMI, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu mengatakan, perjalanan lima tahun sudah cukup panjang. Kata dia, semoga RS Fadhilah menjadi rumah sakit andalan di Kota Nanas ini. “Sehingga, bisa terus melayani masyarakat di Kota Nanas ini dan sekitarnya pada umumnya. Termasuk juga khususnya di Kecamatan Prabumulih Barat,” pesan istri Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM ini, kemarin (23/1).
    Sambungnya, kegiatan PMI tidak selalu identik kegiatan donor darah. Tetapi, ada juga kegiatan sosial lainnya. Seperti beberapa waktu lalu, PMI mengalang dana kemanusiaan bagi korban tsunami di Selat Banten. “Kebutuhan darah di Bumi Seinggok Sepembuyian ini, relatif tinggi. Makanya, stok kantong darah habis terus. Sebulannya, setidaknya 200 kantong darah dibutuhkan. Awalnya, pertahunnya hanya 500-700 kantong,” kata Ketua TP PKK ini.
    Kata ibu tiga anak ini, kebutuhan kantong darah sekarang ini pertahunnya mencapai 1.700 kantong darah. Memanfaatkan, momentum seperti inilah akhirnya kebutuhan kantor darah bisa terpenuhi.
    “Lewat kegiatan ultah ini, sejumlah perusahaan dan instansi kita ajak untuk mengelar aksi donor darah. Untuk mencukup kebutuhan dari di kota ini, khususnya golongan darah AB yang jumlahnya terbatas sekali,” tandasnya.
    Sambungnya, PMI sebanyak mungkin terlibat di masyarakat. Dan, Suryanti, sapaan akrabnya mengatakan, jangan takut donor darah, karena tubuh akan jauh lebih sehat. “Disebabkan, darah selalu berganti dan tubuh tetap sehat. Ini kegiatan peduli kemanusiaan, darah tidak bisa dibuat. Hanya, bisa dihasilkan manusia, harus disumbangkan dengan ikhlas.”Anggota Zipur, memang banyak menyumbang dan mendonorkan darah. Kita doakan, agar ke depannya RS Fadhilah bisa menjadi RS lebih besar lagi,” akunya.
    Perwakilan Dinkes, Kabid Yandas, dr Hj Vien Dina Pisesa menambahkan, mengapresiasi kegiatan donor darah ini dan sangat mendukung diadakannya. Apalagi, akunya kegiatan ini demi kemanusiaan.
    “Terlebih, ketersediaan darah terbatas. Khususnya, golongan darah AB. Terima kasih dukungannya, sehingga warga tdiak perlu mencari darah hingga ke Palembang,” jelasnya.
    Sejauh ini, ungkapnya tidak ada keluhan masyarakat yang masuk ke Dinkes khususnya pelayanan kesehatan yang diberikan RS Fadhilah.”Kita harapkan layanan kesehatan yang diberikan terus ditingkatkan, selain itu makin banyak masyarakat yang membutuhkan RS Fadhilah,” tandasnya.
    Direktur Utama, Faradilah Santi AmKeb didampingi Direktur RS Fadhilah, Drg Marizqa Listya Dinnie MM menambahkan, donor darah ini sengaja digelar guna menyemarakan HUT ke-5 RS Fadhilah. Kata dia, tidak hanya donor darah saja. Tetapi, ada pembagian souvenir, kegiatan jalan santai, peletakan batu pertama gedung baru, dan lainnya.
    “Ini bentuk kontribusi RS Fadhilah, kita bekerja sama dengan PMI untuk kegiatan donor darah tersebut,” tandasnya.
    Sebutnya, keberadaan RS Fadhilah hendaknya makin dan terus dirasakan masyarakat seiring usianya yang sudah menginjak kelima tahunnya. “Mudah-mudahan, kegiatan ini berguna dan bermanfaat. Khususnya, pasien yang membutuhkan darah,” jelasnya. (03)