iklan
Satu Untuk Semua

Populasi Hewan Berpotensi Rabies Capai 40 Ribu Ekor

Silampari Online,

REJANG LEBONG- Menurut data yang ada populasi hewan berpotensi Rabies (HPR) yang ada di 15 kecamatan se-kabupaten Rejang Lebong (RL) mencapai 40 Ribu ekor, namun jatah vaksinasi hanya mencapai 17.850 dosis vaksin.

Kepala pusat kesehatan hewan, Drh Firi Asdiato menyampaikan kendati jatah Dodis vaksin untuk HPR di 15 kecamatan belum memadai jika dilihat dari jumlah populasi yang mencapai 40 Ribu ekor,sehingga hal ini harus kita sikapi dengan baik.

“Selain vaksinasi,kita juga melakukan eliminasi jika memang sangat dibutuhkan nantinya,namun hingga saat ini belum dijumpai adanya masyarakat RL yang terinfeksi rabies dari gigitan HPR karena perkembangbiakan anjing sebelumnya sudah divaksinasi,” kata Firi.

Dijelaskan Firi hingga bulan Juni ini pihaknya sudah melakukan vaksinasi HPR 5 kecamatan dan 6 kecamatan yakni kecamatan Bermani Ulu, Bermani Ulu raya, Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir serta kecamatan Kota Padang akan dilanjutkan sesudah Lebaran.

“Enam kecamatan tersenut,belum kita lakukan vaksinasi karena memang belum jatuh tempo atau belum harus dilakukan vaksinasi dari kegiatan yang kita lakukan 2017 lalu,” terang Firi.

Sedangkan Lanjut Firi hingga saat ini lima kecamatan yang sudah dilakukan vaksinasi yakni Curup,Curup selatan,Curup Utara,Curup Tengah,Curup Tengah dan Sindang Dataran.

“Sedangkan 4 kecamatan lainnya baru dilakukan sebagian saja sehingga jumlah HPR yang sudah divaksinasi mencapai 5.886 ekor HPR,” tukas Firi. (HS-06)

Komentar
Loading...