Poster Caleg di Mobil Angkot Bebas Dipasang

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : AAN/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>LANGGAR ATURAN : </strong> Foto Caleg di Mobil angkot termasuk menyalahi aturan. Hal ini diungkapkan BAwaslu Kota Lubuklinggau.

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Menempelkan poster di kaca belakang mobil kendaraan umum (angkot) menjadi pilihan alternatif para Calon Legislatif (Caleg) RI untuk berkampanye, tanpa memperdulikan peraturan PKPU No. 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Seharusnya, caleg DPR RI mestinya paham akan aturan yang berlaku. Jangan bebas dipasang saja,” tegas Jun, saat dibincangi Harian Silampari, demikian kemarin (28/10.

Menurut Ketua Bawaslu Mursidi, pemasangan stiker calon anggota legislatif mesti harus di mobil pribadi bukan di mobil angkutan umum atau Angkot. Jelas, kata dia, caleg itu melakukan pelanggaran pemasangan APK.

“Kalau pasang diangkot akan kami tertibkan, tapi sebelum kami tertibkan , untuk peserta pemilu ada baiknya secara sukarela melepaskan sendiri, dan kami sudah sampaikan himbauan kepada parpolnya,” ungkap Mursidi.

Mursidi menambahkan pihakya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan stkeholder, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP, seperti apa langkahnya untuk menertibkan stiker yang sudah terpasang di mobil angkot.

Ditanyai sanksi apa diberikan Bawaslu, jika masih ada caleg yang membandel, Mursidi mengatakan sampai saat ini belum ada, hanya sebatas teguran untuk segera ditertibkan. Sejauh ini, Bawaslu melihat sudah begitu banyak foto caleg di angkot umum. “Paling banyak caleg DPR RI,kalau caleg kota belum terpantau da terdeteksi, sekarang seluruh panwascam sudah menginventarisir,”terangnya.

Berdasarkan pantauan, foto caleg caleg tersebut bukan hanya dipasang diangkot, namun juga ada dikendaraan angkutan desa, yang hilir mudik keluar masuk kota. Ditanyai permasalahan hal tersebut, Mursidi mengaku mereka akan berkoordinasi dengan Bawaslu Musi Rawas dan Muratara akan melaksanakan giat serentak pada waktu yang ditentukan nantinya. (HS-01)