Satu Untuk Semua

PTPS Harus Lebih Unggul Dari Petugas KPPS

# PILKADA LAHAT

Silampari Online,

EMPAT LAWANG- Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kabupaten Empat Lawang, diminta untuk lebih unggul segi informasi dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sebab, bagaimana harus mengawasi jika kemampuan informasi PTPS lebih unggul dari petugas KPPS.

Hal tersebut dikatakan Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudi Yanto saat membuka bimbingan tekhnis (Bimteks) tentang Pungut Hitung, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, yang digelar di Aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Senin (11/6).

Karena itu kata dia, diselenggaraknya kegiatan Bimteks ini agar PTPS dapat lebih memahami fungsi dan tugas seorang PTPS, saat berlangsungnya pelaksanaan pemilihan umum (pemilu).

“Dalam suatu desa, ada banyak TPS. PTPS berkewajiban menyampaikan informasi apa-apa saja yang terjadi di TPS ke Petugas Pengawas Lapangan (PPL) meneruskan kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panwascam ke Panwaslu,” urai Rudi.

Pada minus 15 hari pelaksanaan Pilkada serentak ini, kata Rudi, yang utama PTPS melakukan pengawasan tahapan pemilu di wilayah desa/kelurahan. Jangan sampai terjadi Money Politic, jangan sampai ada isu-isu yang menyebar berupa propaganda-propaganda yang memicu memanasnya politik di Kabupaten Empat Lawang. “Merupakan tugas kita bersama menyukseskan kegiatan pemilu di Kabupaten Empat Lawang,” kata dia.

Dipaparkannya, Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, mempunyai personel 801 orang yang terdiri dari 20 orang di kabupaten, 30 orang di setiap kecamatan, 50 orang di sekretariat, 156 orang PPL dan 545 orang PTPS diharapkan dapat melakukan pengawasan maksimal jalannya pemilu di Kabupaten Empat Lawang.

“Hitam putih jalannya pemilu, itu ada di penyelenggara pemilu. Keseriusan dalam melaksanakan pemgwasan inilah yang akan menjadikan pemilukada Empat Lawang, lebih berarti,” tandasnya. (HS-05)

Komentar
Loading...