Rapel Kenaikan Gaji Pegawai Dicairkan

15932
FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI
Kepala Perbendaharaan dan Verifikasi BPKAD Kabupaten Mura, Desriwan
Advertisement

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memastikan untuk Rapel kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) telah dicairkan. Dimana, untuk kenaikan gaji sendiri sebesar 5 persen.

“Untuk kenaikan gaji pegawai sebesar 5 persen sebagaimana dalam edaran Mentri Keuangan (Menkeu),”jelas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Zulkifli Idris melalui Kepala Perbendaharaan dan Verifikasi, Desriwan kepada Harian Silampari, Rabu (24/4).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa untuk 5 persen kenaikan gaji pegawai tiga bulan yakni Januari, Februari dan Maret bagi pegawai yang sudah mengajukan telah dicairkan. Sedangkan, kalau April ini dimasukkan dalam gaji pokok.

“Kalau jumlah kenaikan sendiri bervariasi minimal Rp50 ribu dan maksimal Rp200 ribu disesuaikan dengan golongan dan pokok gaji,”terangnya.

Menurutnya, untuk sumber dana membayar gaji PNS melalui DAU. Dimana, satu bulannya besaran anggaran yang harus dikeluarkan kurang lebih mencapai Rp50 miliar termasuk untuk pembangunan infrastruktur.

“Untuk jumlah pegawai di lingkungan Pemkab Mura kurang lebih mencapai 6000 orang dan setiapnya bulannya menghabiskan Rp27 miliar untuk membayar gajinya,”bebernya.

Selain itu, untuk besaran gaji setiap pegawai bervariasi karena menyesuaikan dengan masa kerja dan golongan masing-masing. Dimana, minimal gaji pegawai Rp2 juta dan maksimal Rp5 juta.

“Setidaknya ada enam pendapatan PNS terdiri dari gaji pokok, tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan beras, tunjangan jabatan atau tunjangan fungsional, tunjangan PPH (kalau ada pajak),”paparnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura, Yudi Pratama meminta agar semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Mura dapat terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Dewan minta agar ASN terus berinovasi dan berkreasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Mura sesuai tugas masing-masing,”pungkasnya. (HS-03)