Sasaran Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Prabumulih 

    226
    Foto : Ist/PP   TELITI : Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH menerima kunjungan Tim Puslitbang Polri untuk melakukan penelitian indeks kepuasan tingkat kepercayaan publik kepada Polri, khususnya di Polres Prabumulih, kemarin (13/2).
    Advertisement

    hariansilampari.co.id- Polres Prabumulih menjadi salah satu, polres yang menjadi sasaran penelitian. Dilakukan, Pusat Penelitian Pengembangan (Puslitbang) Polri, dalam rangka survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri di wilayah kerja Polda Sumsel.
    Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH menerangkan, kalau ada 5 polres yang dijadikan sampel penelitian. Yaitu, Polresta Palembang, Polres Ogan Ilir (OI), Polres Muara Enim, Polres Lahat, dan Polres Prabumulih.

    “Iya, Puslitbang Polri meneliti tentang indek kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri. Polres Prabumulih hanya salah satu saja dijadikan sampel penelitian,” jelasnya kepada koran ini, kemarin (13/2).  
    Sambungnya, penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian kuisioner oleh masyarakat terkait pelayanan publik, sebagai salah satu bagian kinerja Polri.
     
    “Kalau keinginan kita, masyarakat memulainya secara objektif. Supaya, kita tahu sudah sejauh kinerja Polri. Khususnya, di Polres Prabumulih berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di sekitarnya,” ucapnya.
     
    Menurutnya, jika ada kekurangan terkait pelayanan tersebut. Kata dia, bisa menjadi evaluasi bagi dirinya dan jajaran, untuk melakukan koreksi dan perbaikan.
     
    “Supaya, pelayanan publik yang kita berikan semakin baik dan dirasakan masyarakat,” tukas Tito.
     
    Sementara itu, Tim Puslitbang Polri dipimpin Kombes Pol Drs. Pratikno beserta anggotanya DR Vita Mayastinasari, AKBP Drs Sunaryanto dan Ratna Wahyuningratin SE datang sekitar pukul 08.00 WIB ke Polres Prabumulih disambut langsung Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH.
     
    Ketua Tim, Kombes Pol Drs Pratikno menyampaikan, maksud kedatangannya, yaitu dalam rangka melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.
     
    Lebih lanjut disampaikannya, bahwa selama beberapa tahun terakhir tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat, hasil survei tahun 2018 oleh Tim Kompas tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri telah mencapai 82,9 % dan hampir sama dengan hasil survei oleh Tim Puslitbang Polri 82,3 %.
     
    “Peningkatan ini berlangsung secara revolusioner dan bukan alami, hal ini tidak terlepas dari inovasi-inovasi serta kebijakan Pimpinan Polri untuk memperbaiki layanan publik agar dapat memuaskan masyarakat, jelasnya,” jelasnya.
    Selain itu, kata dia, timnya uga memberikan lembar kuistioner untuk diisi masyarakat pada bagian pelayanan khususnya 5 fungsi kepolisian sebagai bahan penilaian atas pelayanan yang telah diberikan oleh Polres Prabumulih terhadap masyarakat.
     
    “Kuistioner ini juga akan dijadikan barometer, untuk menilai seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan Pihak Kepolisian,” tambahnya. (03)