Sejumlah Oknum PPK Diperiksa Polda

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : NET</div></small>Ilustrasi

Polisi : Masih Sebatas Saksi

Silampari Online,

Muat Lebih

EMPAT LAWANG – Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sudah melimpahkan kasus dugaan manipulasi data perolehan suara pada Pemilu 2019 lalu, dengan terperiksa Ketua dan Anggota sejumlah Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Empat Lawang ke Polda Sumsel.

Terkait dengan itu, Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto menjelaskan, kapasitas PPK tersebut masih diperiksa sebagai saksi.

“Mana ada kita jadikan tersangka, itu pun masih kita periksa kapasitasnya masih saksi, belum ada yang jadi tersangka,” ungkap Kapolres kepada wartawan, Selasa (18/6/2019)

Diapun menjelaskan apakah kedepannya  bukti dari pelaporan dugaan manipulasi yang diduga dulakuka  PPK tersebut cukup atau tidak, tinggal menunggu hasil penanganan dari Polda Sumsel, karena laporan tersebut dari Banwaslu Provinsi Sumsel.

“Saya klarifikasi, semuanya baru kita periksa sebatas saksi, terus apakah nanti buktinya cukup atau tidak, ya tinggal dari hasil pemerikasaannya seperti apa, karena penangan di Polda dan laporan dari Banwaslu provinsi. Polres Empat Lawang hanya memonitor, sepenuhnya Polda yang tangani,” terang dia.

Senada yang disampaika  Kapolres Empat Lawang, Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Andri Logan mengatakan, dari keenam dugaan laporan manipulasi data  hasil Pemilu, untuk PPJ Lintang Kanan sudah dilakukan dan dimintai keterangan oleh penyidik Polda, terkait pelaporan Bawaslu Provinsi Sumsel.

“Hasilnya, masih dimintai keterangan, untuk PPK Ulumusi itu tidak termasuk. Sebetulnya ada lima kecamatan, yakni Tebing Tinggi, Pendopo, Muara Pinang, Pendopo Barat dan Lintang Kanan. Namun baru ada satu kecamatan yakni Lintang Kanan yang sudah diperiksa,” jelasnya.

Di jelaskannya lebih lanjut untuk lima kecamatan hasil putusan Banwaslu provinsi karena hanya untuk pelanggaran administrasi  mencocokan DA 1. “Untuk bukti nya masih belum lengkap, dan hak sepenuh nya di lakukan oleh penyidik Polda ,” kata Logan.

Sementara itu, Komisioner Hukum dan Pengawasan KPU  Kabuoaten Empat Lawang, Hendra Gunawan mengatakan, berkaitan dengan pemeriksaan, pihaknya siap melakukan kerja sama yang baik sesuai dengan tindakan hukum. Pihaknya tidak akan menghalangi dan mempersilakan penyidik melakukan pemeriksaan.

“Kami dari pihak KPU tidak akan menghalang halangi pemeriksaan dan siap melakukan kerja sama yang baik,” tandasnya. (KHS-05)