Seluruh Anggota TNI Tes Urine

185
Anggota Kodim 0406 Mura medadak melakukan tes urine, Kamis (11-4). foto Istimewa
Advertisement

Silampari Online

LUBUKLINGGAU-Kamis (11/4) pukul 09.00 WIB, bertempat di Aula Makodim 0406/ Mura, berlangsung acara kegiatan penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kodim 0406/Mura bersama BNN Kota Lubuklinggau. Acara ini dihadiri Dandim 0406/Mura Letkol Inf M.A’an Setiawan, PLT Kepala BNN Kota Lubuklinggau Apandi, Kasdim 0406/Mura Mayor Inf B Hutauruk, Pabung 0406/Mura Mayor Czi Ayub, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0406/Mura, seluruh Anggota Kodim 0406/Mura.

Dandim 0406 Mura, 0406/Mura Letkol Inf M.A’an Setiawan mengatakan, sesuai dengan arahan pimpinan TNI bahwa bagi anggota TNI yang terlibat narkoba, baik sebagai pemakai, pengedar dan juga pemilik narkoba, konsekwensinya adalah dipecat dari kedinasan. Lebih lanjut ia menyatakan, dirinya meminta kepada aparat intelijen, untuk terus memantau dan melakukan upaya deteksi serta cegah dini terhadap peredaran narkoba terutama di lingkungan instansi militer. Apabila ditemukan indikasi anggota yang terlibat jaringan Narkoba segera tangkap dan proses dari pada menghancurkan prajurit yang lainnya.
“Kodim 0406/Mura berkomitmen dalam memerangi peredaran Narkoba,” tegasnya.
Narkoba merupakan ancaman kejahatan yang sangat mudah menghancurkan bangsa. Narkotika merupakan kejahatan luar biasa yang mengancam dunia dan bisa dipakai sebagai salah satu senjata untuk melemahkan kekuatan bangsa. “Untuk itu, harus ditangani secara komprehensif,” ucapnya.

Dalam penyampaian PLT Kepala BNN Kota Lubuklinggau Apandi, pihaknya membahas tentang elemen masyarakat mengenai pembahasan tentang Narkoba, karena pertentangan Narkoba bukan hanya tugas Polisi atau BNN saja, akan tetapi seluruh elemen masyarakat, termasuk hubungan militer seperti TNI. Permasalahan yang dikeluarkan dan peredaran gelap Narkoba saat ini sudah semakin rumit, seiring dengan terungkapnya penderita HIV / AIDS yang lebih banyak dari kelompok pengguna Narkoba suntik. Narkoba merupakan masalah yang krusial di Indonesia, karena Sebagian besar pengguna narkoba adalah pemuda, tidak terkecuali kalangan pelajar.
“Masalah narkoba membutuhkan reaksi cepat dalam upaya pencegahan dan pemberantasannya. 3 Pilar BNN Pencegahan Rehabilitasi dan Pemberantasan,” terangnya.
Pada pukul 10.00 WIB kegiatan tersebut selesai dilanjutkan dengan tes urine kepada Prajurit Kodim 0406/Mura. Pada pukul 12.30 WIB, kegiatan tes urine dan pengecekan hasil tes urine selesai dengan hasil 100 persen Negatif tidak mengunakan Narkoba, situasi tertib dan aman. “Semua hasil tes urine negative,” pungkasnya. (HS-08)