Siapkan Beragam TPS Unik

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ISTIMEWA</div></small> Petugas KPPS Sungai Keruh membuat TPS unik untuk meningkatkan minat masyarakat mencoblos, Selasa (16/4).

Silampari Online,

MUSI BANYUASIN-Berkeinginan menarik minat masyarakat yang ada diwilayah kecamatan Sungai Keruh, agar datang ke TPS guna menyalurkan hak suaranya pada Pemilu hari Rabu 17 April 2019 Pemerintah Kecamatan Sungai Keruh memiliki trik tersendiri untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Salah satunya dengan membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang unik dan menarik.

Muat Lebih

TPS Seni Budaya, di Desa Tebing Bulang, TPS Seni Budaya Nusantara pakaian adat jawa Desa Sungai Dua, TPS Seni Budaya Musi Banyuasin pakaian adat muba diiringi gitar tunggal Desa Tebing Bulang , TPS kartini anggota KPPS nya perempuan dan Desa Gajah Mati dan Sindang Marga serta TPS milenial Desa Rantau Sialang & Keramat Jaya.

Seperti pantauan dilokasi TPS 4 Desa Tebing Bulang, kini masih tahap pengerjaan atau dekorasi. Meski belum selesai sepenuh nya namun TPS tersebut sudah terlihat begitu menarik.

Beberapa unit tenda berwarna biru kombinasi kuning sudah terpasang di lapangan yang di tumbuhi rumput hijau di Desa Tebing Bulang. Dibagian depan, di dekorasi dengan menggunakan bambu yang sudah di potong dan di belah.

Bambu-bambu itu di bentuk sebuah gerbang dan atap, sehingga TPS itu seolah menggambarkan sebuah rumah adat khas Kabupaten Muba. Tak ketinggalan di bagian depan di pasang bendera merah putih.

Camat Sungai Keruh, M. Imron, S.Sos, M,Si, mengatakan di Kecamatan Sungai Keruh terdapat cukup banyak TPS unik, salah satu nya TPS seni budaya di Desa Tebing Bulang tersebut.

“Di Desa Tebing Bulang ini ada TPS seni budaya, dimana nantinya para petugas di TPS tersebut akan mengenakan pakaian adat, selain itu masyarakat yang datang ke TPS ini akan di hibur gitar tunggal dengan tembang-tembang daerah,”katanya.

Saat ini, sambung dia, proses pengerjaan dan dekorasi TPS baru sekitar 70 persen. “Ini belum selesai sepenuh nya, insyaallah TPS ini akan kita buat semenarik mungkin, sehingga masyarakat lebih bersemangat datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan,”terangnya.

Sebelumnya, Bupati Muba, H. Dodi Reza Alex, meminta agar semua pihak bisa melakukan inovasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “salah satunya dengan membuat TPS unik,”imbuhnya.

Terpisah, Kades Tebing Bulang, Badarudin, didampingi ketua KPPS, Nedi Yusuf, mengutarakan jika TPS tersebut di harapkan bisa menjadi daya tarik bagi para pemilih.

“Dengan datang ke TPS ini khususnya, selain menjalankan kewajiban yakni menyalurkan hak suara, masyarakat (pemilih, red) juga bisa lebih mengenal kesenian dan budaya khususnya yang ada di Kabupaten Muba,” pungkasnya.

Sementara Itu Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Mengapresiasi Para Camat Dan Forkopimcam Di Musi Banyuasin bahwa seluruh nya Kompak bekerja sama untuk mensuksekan pelaksaanan Pemilu Serentak Kali ini. Upaya para camat membantu Penyelenggara Pemilu dengan ide ide kreatifnya dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilu seperti membangun TPS unik dan lainya adalah upaya positif yang baik dan patut diapresiasi dan saya berharap mari kita jaga bersama pelaksaanan Pemilu serentak dengan sejuk dan mempertahankan daerah yang kita banggakan bumi serasan sekate daerah zero konflik, dan saya himbau semuanya kita khususnya Jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengingatkan jiran tetangga sanak famili yang satu kampung untuk melaksanakan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, untuk menggunakan hak Pilih Kita dan Jangan Golput selain itu acuhkan berita berita di sosial media yang berbau SARA dan berita Hoaks, yang dapat memecah belah persaudaran kita sebagai anak bangsa, sekali lagi dalam kesempatan ini saya ajak semua warga Musi Banyuasin yang saya Hormati untuk menggunakan Hak Pilihnya Pada hari Rabu, 17 April 2019 di Tps tempat saudara saudari memilih ujar Dodi Reza. (Rilis)