Satu Untuk Semua

Strawberi Oleh-oleh Khas Curup

Buah cantik ini sangat populer karena memiliki warna merah yang menawan dan rasa yang khas. Buah Strawberi banyak dijumpai di dataran tinggi dan bersuhu dingin salah satu daerah penghasil Strawberi di kabupaten Rejang Lebong (RL) yakni kawasan Kecamatan Selupu Rejang. Selain untuk dikonsumsi langsung juga diproduksi menjadi makanan seperti selai, pemanis pada kue. Tidak heran buah ini menjadi oleh-oleh khas Curup,Penasaran rasa Strawberi Curup. Berikut liputannya.

Laporan : Badri B/Selupuh Rejang

SALAHSATU buah-buahan sebagai oleh-oleh untuk keluarga jika anda dan keluarga berkunjung ke objek wisata dikecamatan Selupu Rejang si cantik yang bernama Strawberi dan bisa didapatkan disepanjang jalan lintas yang dijajakan pedagang buah-buahan di sesudah danau mas harun Bastari (DMHB).

Misna (40) pedagang buah Strawberi di kawasan Beta Agrowisata desa Sumber bening kecamatan Selupu Rejang mengatakan Minggu (10/6) mengatakan bahwa momentum liburan panjang hari raya Idul Fitri tiap tahunnya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hari biasanya atau libur akhir pekan.

“Biasanya para pengunjung berdarmawisata ke Rejang Lebong atau sekedar melintas saja menyempatkan diri untuk membeli buah-buahan sebagai oleh-oleh salah satunya ialah buah Strawberi,” kata Misna.

Pembeli buah Strawberi ini jelas Misna kebanyakan berasal dari luar kota Curup seperti Bengkulu, Musi Rawas, Lubuklinggau bahkan pengunjung dari pulau Jawa yang sekedar melintas di kawasan ini.

“Untuk harga jual strawberry yang sudah dikemas kotak plastik ukuran 100 gram saya jual dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000 tergantung besar buah Strawberi ya,sedangkan ukuran 250 gram dijual seharga Rp 30.000 hingga Rp 35.000 sedangkan 1 kilogramnya dijual Seharga Rp 100.000,” terang Misna.

Selama liburan panjang ini, dirinya menyiapkan 100 kotak lebih dengan ukuran kotak yang bervariasi.

“Kita punya kebun sendiri,ada juga pedagang yang lain membeli dari petani Strawberi untuk dijajakan ke para pengunjung dipondok-pondok pinggir jalan,sehari saja jika liburan hari raya ini bisa terjual 100 kotak lebih atau dengan keuntungan minimal Rp 200.000 perharinya.biasanya ramai dikunjungi H+2 Lebaran hingga H+4 lebaran,” sambung Misna.

Salah seorang dari kota Batu Raja provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Erika (23) yang sedang berliburan ke rumah keluarganya di Curup mengatakan biasanya setiap tahun dirinya beserta keluarga selalu berkunjung ke Curup mengunjungi rumah Kakeknya dan menyempatkan diri bermain ke DMHB dan pulangnya membeli buah Strawberi.

“Hampir tiap tahun mudik ke Curup kalau ini kita beli untuk berbuka puasa dan saat pulang ke Batu Raja nantinya biasanya selalu membeli buah-buahan disini salah satunya buah Strawberi,selain mempunyai rasa khas dan sedikit berbeda rasanya jika dibandingkan dari Strawberi dari daerah lain,” kata wanita yang baru saja menamatkan pendidikan diploma tiga keperawatan Palembang sambil menunjukkan buah Strawberi.

Selain itu,keluarganya juga menyempatkan diri membeli sayur-sayuran untuk dibawa pulang jika waktu pulang ke Batu Raja tiba.(**)

Komentar
Loading...