Satu Untuk Semua

Tampung Aspirasi Warga Melalui Musrenbangdes

Silampari Online,

Bertempat di Balai Desa, Kamis (10/1) Pemerintah Desa (Pemdes) Jaya Bhakti Kecamatan Tuah Negeri menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2019 mendatang. Dimana, kegiatan ini bertujuan untuk mendengarkan langsung terkait aspirasi warga terkait kebutuhan pembangunan Desa bagi masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Jaya Bhakti Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura), Edi YKd mengatakan bahwa kegiatan Musrenbangdes ini merupakan tindak lanjut dari hasil Musyawarah Dusun (Musdus) yang diikuti oleh tokoh masyarakat, perangkat Desa, BPD, tokoh agama, karang taruna, Bumdes, kader posyandu, perpustakaan Desa dan perwakilan KWT.

“Musrenbangdes yakni sebagai wadah atau forum untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terkait tentang pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat,”jelas Edi kepada Harian Silampari, Kamis (10/1).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa dalam Musrenbangdes tersebut banyak usulan yang disampaikan oleh warga terkait kebutuhan bagi masyarakat. Diantaranya, tiang lampu depan rumah, kelanjutan program drainase, gorong-gorong, KIS Lansia tidak mampu, pembukaan jalan baru di Dusun I, alat hadroh, pembangunan pagar permanen PAUD.

“Disamping itu ada juga pembangunan jalan setapak, penambahan tiang listrik dan lampu jalan, alat olahraga, bantuan alat pertanian, pos permanen, wifi Desa, pengaspalan jalan dan lain-lain,”bebernya.

Menurutnya, adanya Musrenbangdes ini untuk menambah usulan masyarakat yang belum terback up atau tertulis di Musdus. Dimana, dari usulan tersebut bilamana bisa dibiayai oleh penggunaan anggaran Desa baik Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD-DD) maka akan direalisasikan.

“Sebaliknya bila memang tidak bisa direalisasikan melalui anggaran Desa maka kita akan usulkan ke Kecamatan agar dibiaya oleh APBD melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah (Pemda) Mura,”paparnya.

Sementara itu, Camat Tuah Negeri Kabupaten Mura, Badarudin yang ikut serta menghadiri Musrenbangdes Jaya Bhakti menjelaskan, dari 11 Desa yang ada di wilayahnya tersebut hanya Desa Petunang yang belum melaksanakan Musrenbangdes. Sedangkan, untuk Desa lainnya telah dilaksanakan.

“Untuk usulan masyarakat di Desa melalui Musrenbangdes akan dibahas dalam Musrenbang tingkat Kecamatan pada Februari mendatang dan diagendakan akan dihadiri Bupati Mura, H Hendra Gunawan langsung terkait perencanaan pembangunan ditahun 2020,”tutur mantan Camat Muara Lakitan tersebut.

Terlepas dari itu, dari Musrenbangdes di beberapa Desa memang sebagian besar masyarakat mengusulkan untuk pembangunan infrastruktur atau kebutuhan dasar bagi warga seperti sarana air bersih, pengaspalan jalan Dusun dan poros serta perbaikan atau pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU).

“Intinya dari semua usulan yang disampaikan tidak semuanya direalisasikan sekaligus karena menyesuaikan skala prioritas. Termasuk, penganggarannya bila tidak mampu direalisasikan melalui anggaran desa baik DD maupun ADD maka akan kami usulkan dalam penganggaran APBD hingga APBN,”pungkasnya. (HS-03)

Komentar
Loading...