TK Bukan “Kakak” Dari PAUD

    477
    FOTO : ELPAN/HARIAN SILAMPARI
    BELAJAR : anak didik disalah satu PAUD ketika sedang makan bersama usai belajar.
    Advertisement

    Silampari Online,

    Dahri Iskandar Kasi Paud Disdikbud

    LUBUKLINGGAU
    – Dikalangan masyarakat, banyak yang berpikir bahwa Pendidikan Anak Usaha Dini (PAUD) merupakan adiknya dari Taman Kanak-Kanak (TK).

    Selama ini, masyarakat membayangkan, bahwa sebelum masuk TK, terlebih dahulu belajar di PAUD, namun ternyata pemikiran seperti itu kurang tepat.

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau Tamri melalui Kasi PAUD Dahri Iskandar mengatakan masyarakat selama ini, belum begitu mengerti apa itu PAUD.

    PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani.

    Lebih lanjut Dahri mengatakan, menurut pasal 28 UU Sidiknas No.20/2003 ayat 1, PAUD diperuntukan untuk anak berusia 1 – 8 tahun. Di mana usia tersebut adalah masa emas anak dalam berpikir dan mengenal banyak hal.

    “Memasukan anak ke dalam sekolah PAUD supaya kecerdasan berpikirnya semakin terasah dan cepat menerima ilmu baru. Namun, sebenarnya TK dan playground masih termasuk dalam satu lembaga PAUD. Perbedaannya, TK berada pada jalur formal sedangkan Kelompok Bermain atau Playground ada pada jalur non formal,”jelas Dahri.

    Kemudian ada namanya playground atau kelompok bermain dimana pendidikan usia dini yang diperuntukan bagi anak berusia di bawah 5 tahun. Para pendidik biasanya akan memberikan pengajaran yang mampu menstimulasi kecerdasan motorik, sosial dan kognitif anak untuk dapat lebih aktif. Semua kegiatan dikemas dengan sangat sederhana dan menyenangkan supaya anak tertarik melakukan banyak hal dan bereksplorasi. Tidak ada pelajaran yang berat karena semua kurikulum dirancang untuk anak bermain dan belajar berinteraksi dengan teman-temannya.
    Sedangkan TK, terbagi menjadi dua kelas, yakni TK kecil untuk dan TK besar. Pendidikan sudah dapat dimulai sejak anak berusia 5 – 6 tahun. Masing-masing jenjang memerlukan waktu satu tahun untuk naik ke tingkat selanjutnya. Metode pembelajaran di TK dikemas secara formal. Anak-anak akan masuk ke dalam kelas dan diberikan banyak materi untuk memersiapkan mereka ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Mata pelajaran sudah tergolong banyak, diantaranya, agama, budi pekerti, keterampilan, musik, bahasa, bernyanti, membaca berhitung dan menulis.
    “Nah jadi TK dan Kelompok bermain dikatakan ada dalam ruang lingkup PAUD itu sendiri,”pungkasnya.(HS-02)