TPS Unik, Nuansa Budaya Minang Hiasi Area Pemilu Lubuklinggau

293
Advertisement

Silampari Online

LUBUKLINGGAU – Berbagai cara Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dalam menyemarakkan pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 ini. Seperti yang dilakukan oleh warga RT 06/07 Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Lubuklinggau Barat I ini.

Yang membuat unik dari TPS 05 ini para Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) menggunakan pakaian adat khas budaya Minang Sumatera Barat. Hal itulah yang membuat TPS ini bernuansa minang.

“Kita ingin para pemilih tidak hanya sekedar datang ke TPS saja tapi juga mereka merayakan pesta demokrasi ini,” kata Ketua KPPS TPS 05, Aldianda Maisal.

Menurutnya, nuansa minang ini baru pertama kali dilakukan dibandingkan dengan Pilpres tahun lalu. Karena menginggat antusias warga pada pesta demokrasi ini cukup meningkat, dirinya membuat TPS yang cukup unik ini.

Jadi, sambung dia petugas KPPS dilengkapi dengan pakaian baju kurung bagi wanitanya dan dan pria menggunakan deta, sehingga mengambarkan budaya Indonesia, sehingga meskipun bernuansa minang ada perpaduan keragaman budaya Indonesia.

“Intinya kita ingin menyemarakkan pesta demokrasi ini. Untuk jumlah DPT di TPS ini ada 294 DPT,” katanya.

Pantauan Harian Silampari juga terlihat ada beberapa snack dan makanan seperti pisang dan makanan lainnya.(HS-01)