Urine Kapolres Kandung Amphetamine

    78
    Kapolda Sumsel Irjenpol Zulkarnain
    Advertisement

    Silampari Online,

    PALEMBANG-Tes urine mendadak sejumlah Pejabat Utama (PJU), para Kapolres Satker Wilayah Polda Sumsel, dan pejabat lainnya pada lingkungan Polda Sumsel di RS Bhayangkara, Jumat (11/1) lalu, menyisakan sedikit masalah.
    Dari 66 pejabat yang di tes urine, ada satu yang urine-nya mengandung zat Amphetamine. Yakni urine Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setiawan (AS). “Ya benar. Positif mengandung Amphetamine. Sekarang dia masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Bid Propam,”ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara di Mapolda Sumsel, kemarin (14/1).
    Namun, Jenderal Bintang Dua belum memastikan apakah zat Amphetamine dalam urine AS tersebut berasal dari narkoba atau berasal dari obat seperti obat batuk atau pun obat darah tinggi yang dikonsumsinya.
    Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1985 meminta pada AS untuk membuktikan apabila dia benar-benar mengonsumsi amphetamine dalam rangka penyembuhan. “Kalau betul obat batuk, kan ada bukti botol obatnya, ada resep dokternya. Nah itu harus dibuktikan kepada penyidik supaya bisa benar-benar terbukti tidak mengonsumsi narkoba,” sambungnya.
    Namun, lanjut Kapolda, jika AS tidak bisa membuktikan, asumsinya akan menjadi benar bahwa Amphetamine dari urinenya berasal dari narkoba. “Nanti hasil pemeriksaan yang akan membuktikan,”sambungnya.
    Nah, hasil pemeriksaan tersebut akan menentukan apakah AS akan dikenakan sanksi atau tidak. Dalam kasus ini, juha tidak ada barang bukti narkobanya, jadi, lanjut Kapolda, tidak bisa dipidana.
    “Hanya dikenakan disiplin, tidak sampai dipecat. Yah, bisa dicopot dari jabatannya dan penundaan naik pangkat. Tapi, tunggu hasil penyelidikan ya,”pungkas Jenderal kelahiran Belitang Madang Raya. (Sumeks)