Usulan Pembangunan Akses Jalan Mendominasi

    #Musrenbang Tingkat Kecamatan Jayaloka Sukses

    142
    FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI
    Saat Bupati Mura, H Hendra Gunawan memimpin ucapan salam khas dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Jayaloka
    Advertisement

    Silampari Online,

    Bertempat di Kantor Kecamatan Jayaloka, Rabu (13/2) Pemerintah Kecamatan Jayaloka menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan secara sukses. Dimana, dalam Musrenbang tersebut sebagian besar usulan pembangunan akses jalan.

    Camat Kecamatan Jayaloka Kabupaten Mura, Edi Rosidi mengatakan, Musrenbang tingkat Kecamatan ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbang dtingkat Desa yang ada diwilayah Kecamatan dengan berbagai usulan yang ada.

    “Musrenbang ini untuk menjaring setiap usulan dari Desa yang sebelumnya sudah melaksanakan Musrenbang tingkat Desa,”jelas Edi.

    Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa untuk tahun 2019 ini sebagian besar usulan masih didominasi pembangunan fisik terutama infastruktur akses jalan seperti jalan antara Jayaloka-Sungai Bunut, jalan Desa Giri Yoso dan jalan Jayaloka-Sukakarya. Termasuk, pembangunan Balai Desa dan Dusun.

    “Khusus untuk Kecamatan kami mengusulkan pembangunan pagar gedung serba guna dan rehab Kantor Kecamatan yang kondisinya belum berlantaikan keramik,”terangnya.

    Sementara itu, Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan menjelaskan, bahwa kesempatan yang diberikan merupakan amanah dan salah satunya untuk membangun Desa. Terlebih dimana saat ini mulai dari jajaran Pemerintah Pusat hingga daerah memprioritaskan bersama-sama membangun Desa.

    “Sudah banyak bantuan yang dikucurkan. Terlebih saat ini perencanaan harus disusun mulai dari bawah melalui e-planing. Sehingga tidak bisa lagi usulan yang menggunakan proposal. Namun semuanya kembali pada ketersedian anggaran yang ada,”tutur Hendra.

    Menurutnya, mulai dari Bupati, DPRD dan lainnya turun langsung dalam setiap pelaksanaan Musrenbang yang sejatinya cukup dari Camat saja sebagai awal untuk memperbaiki semuanya. Sehingga, dengan begitu maka diminta kepada Kades untuk tidak mudah putus asa melihat setiap usulan ada yang tidak teralisasi dan hal tersebut tentunya belum menjadi pertimbangan untuk diprioritaskan.

    Untuk diketahui, dalam Musrenbang tingkat kecamatan ini, seluruh OPD teknis termasuk Bappeda Mura menyampaikan masing-masing program kerja yang akan dilaksanakan di 2019 dan 2020 mendatang yang dihadiri langsung oleh Bupati Mura H Hendra Gunawan dan dibuka oleh Camat Jayaloka, Edi Rosidi serta unsur forkominda, jajaran OPD, masyarakat, staf, pegawai dan kades Se-Kecamatan Jayaloka. (HS-03)