Usulkan 40 Sekolah Akreditasi Setiap Tahun

Noprianto

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) terus berupaya memacu dan memotivasi seluruh kemajuan sekolah yang berada di naungan mereka. Dimana hingga saat ini, tercatat ada 225 SD SMP yang berada di bawah naungan Dinas Dikbud Kabupaten RL.

Muat Lebih

Salah satu upaya untuk memajukan sekolah-sekolah tersebut, setiap tahunnya Dinas Dikbud Kabupaten RL minimal mengajukan 40 sekolah untuk diusulkan akreditasi. Dengan meninjau terlebih dahulu kemajuan jumlah guru PNS, jumlah peserta didik, sarana dan prasarana, termasuk standar pengelolaan.

“ Standar pengelolaan ini sendiri, mulai dari administrasi sekolah sampai dokumen dokumen pelaporan perkembangan kemajuan disekolah. Rentang waktu atau masa akreditasi memang berlaku selama lima tahun. Hanya saja ketika satu sekolah kemajuan sudah ada atau meningkat, maka kita bisa mengusulkan untuk akreditasi lagi dan setiap tahun kita memang mengusulkan tapi berpariasi,’’ terang Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kabupaten RL Noprianto.

Untuk proses akreditasi, tambah Nopri, setelah usulan masuk ke Dinas Dikbud, makanya mereka akan melakukan terlebih dahulu proses pengkajian atau verifikasi.

“Jadi kita verifikasi dulu dan kalau sudah sesuai, baru kita usulkan ke pusat melalui Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasyah Provinsi Bengkulu,’’ Singkat Nopri.(HS-06)