10 Pj Kades Dilantik

Foto bersama Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan serta sejumlah Kepala OPD dengan 10 Pj Kades

Silampari Online

Bertempat di Desa Purwodadi Kecamatan Jayaloka, Kamis (7/11) Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) melantik 10 Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades). Sehingga, diharapkan para Pj Kades ini bisa membawa perubahan membangun Desa bersama warga yang dipimpin secara kompak, gotong royong dan bersatu padu.

Muat Lebih

Acara pelantikan 10 Pj Kades ini dihadiri Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan, Asisten I Setda Mura, H Heriyanto, Kepala BKPSDM Mura, H Rudi Irawan Ishak, Kepala Dispora Mura, Dien Candra, Kabag Humas Setda Mura, Dicky Zulkarnain, Camat, Kades dan masyarakat Desa Purwodadi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa (Pemdes), Rian Pratama mengatakan, bahwa pelantikan 10 Pj Kades ini menggantikan jabatan Kades defenitif di Desa tersebut baik habis masa jabatan dan meninggal dunia.

“Jabatan Pj Kades ini berdasarkan usulan camat untuk masa jabatan enam bulan kedepan,”jelas Rian kepada Harian Silampari.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan mengucapkan selamat kepada Pj Kades yang diberikan amanah dan kepercayaan untuk mengemban tugas dengan baik dan sebagian besar dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saya minta 10 Pj Kades ini dapat memberikan contoh dan prestasi sekaligus teladan kepada masyarakat,”tutur Hendra.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, pelantikan Pj Kades juga diikuti dengan pelantikan Ketua TP PKK dan ini sama halnya dengan pelantikan Gubernur, Bupati, Camat hingga Kades. Dimana, ini menunjukkan tugas ini tidak cukup oleh Kades saja, akan tetapi istrinya juga harus berperan.

“Tuntutan masyarakat yang besar. Maka harus didukung oleh para TAPI PKK agar dapat menggerakan masyarakat di Desanya,”terangnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada 10 Mantan Kades yang habis masa jabatannya dan banyak yang telah diterimanya untuk membangun Desa. Namun, masyarakat diminta untuk sama-sama menjaga dan mengawasi kinerja dari Pj Kades.

“Melalui semangat AK5 ini, diharapkan nantinya bisa memberikan kineraj inovasi dan karya yang baik serta mampu menjadi pelayan masyarakat yang baik,”pintanya.

Terlepas dari itu, ia meminta para Pj Kades untuk memasang niat yang baik dan tulus serta ikhlas untuk bersatu padu, kompak dan bergotong royong membangun Desa. Sehingga nantinya bisa tercatat sebagai kenangan yang dapat dibanggakan dengan hasil karya yang baik dan menjadi ingatan masyarakat.

“Silahkan lihat indek pembangunan Desa yang akan menjadi tugasnya kedepan. Desa Lubuk Pandan khususnya yang masih tertinggal, dengan dilantiknya Pj Kades ini diharapkan bisa naik menjadi status yang tidak tertinggal. Ini tentunya harus dijadikan motivasi dan semangat. Termasuk, gunakan DD dengan baik dan tidak menggunakan hal-hal untuk kepentingan pribadi dan saya tunggu karya dan inovasinya,”pungkasnya. (HS-03)