Lippo Plaza Linggau Galang Aksi Donor Darah

Silampari Online

LUBUKLINGGAU –Pusat perbelanjaan terbesar di Bumi Silampari Lippo Plaza Lubuklinggau memperingati hari gizi nasional dengan menggelar aksi social donor darah. Kegiatan tersebut, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lubuklinggau, Kodim 0406, Polres Lubuklinggau, RS Siloam Silampari, All Tenant Group, dan Harian Silampari.
Manager Lippo Mall Richard Chandra mengatakan aksi donor darah tersebut terbuka untuk umum, meskipun begitu ada syarat ketentuan bagi pendonor.  Pihak managemen Lippo menargetkan sebanyak mungkin mendapatkan kantong darah.

Muat Lebih

“Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan solidaritas, darah yang kita sumbangkan sangat berguna bagi yang membutuhkan,”kata Richard.

Sementara itu, Pihak PMI menurunkan delapan personil ditugaskan untuk mengambil darah dari para pendonor. “Kita turunkan delapan personil dikegiatan ini,”kata Bendahara Unit Donor Darah Bunyamin.
Meskin terbuka untuk umum, ada beberapa syarat ditentukan pihak PMI untuk menjadi pendonor. Mesti berusia 17 tahun keatas,memiliki berat badan minimal 45 Kg ( Wanita ) dan 50 Kg ( Pria ), tidak sedang demam , temperature tubuh diantara 36-37,5 derajat celcius, denyut nadi teratur antara 48-100 per menit.

Selanjutnya, memiliki tekanan darah normal, systole 110-150 mmHg, diastole 70-90 mmHg, hemoglobin (sel darah merah) tidak boleh kurang dari 12,5 gram ( untuk pria ) dan 12 gram ( untuk wanita ). Pendonor telah tidur malam minimal 4 jam , jarak penyumbangan darah sekurang–kurangnnya 75 hari , dan memenuhi persyaratan medis dan sesuai pemerikasaan team UDD.

Masih kata Bunyamin, khusus wanita, tidak sedang menstruasi (sekurang-kuranngya 5 hari setelah selesai), tidak sedang menyusui (sekurang-kuranngya 3 bulan setelah menyusui ) dan tidak sedang hamil (sekurang-kuranngya 6 bulan setelah melahirkan). “Bicara mengenai target, kita tidak menargetkan berapa banyak, yang jelas kita terima siapa saja yang ingin mendonorkan darah,”akunya.

Pihak PMI juga telah menyiapkan telor rebus , susu , dan juga suplemen darah bagi para pendonor. Dari pantauan, Harian Silampari hingga pukul 16.00 WIB. Sudah 80 kantong darah yang terkumpul.(HS-Mg01)