12 Hektar Kebun Karet Warga Terbakar

Hangus: Kondisi kebun karet warga Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi yang terbakar dan sedikitnya sudah ada 12 hektar yang terbakar dan diduga api berasal dari areal lahan perusahaan perkebunan (Foto Selasa 17-9-2019)

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS
– Sedikitnya 12 hektar kebun karet warga Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi hangus dilalap sijago merah dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Dimana, kebakaran tersebut diduga dari api areal lahan salah satu perusahaan yakni PT CLBB.

Kepala Desa (Kades) Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rozikon mengatakan bahwa selama berlangsungnya musim kemarau saat ini setidaknya ada beberapa kali kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desanya tersebut.

Bacaan Lainnya

“Memang dimusim kemarau seperti ini rawan terjadinya karhutla tak terkecuali di Desa Temuan Jaya,”jelas Rozikon kepada Harian Silampari, Selasa (17/9).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, dari beberapa kali kejadian karhutla setidaknya sudah ada 12 hektar lahan perkebunan karet warga yang terbakar. Dimana, kebakaran tersebut terjadi diduga dari api PT CLBB yang ada beroperasi di Desa Semangus Lama yang berbatasan langsung dengan wilayah Temuan Jaya.
“Saya sudah koordinasikan dengan Babinsa Polsek Muara Kelingi terkait masalah kebakaran ini. Sebab, saya pastikan Karhutla di Temuan Jaya bukan pembakaran oleh masyarakat,”terangnya.

*Sumber : Harian Silampari