oleh

14 Perkara Disidangkan via Teleconference

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Ada pemandangan unik yang dilakukan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Empat Lawang, Jum’at (27/3). Sidang yang biasanya dilakukan di gedung sidang Pengadilan Negeri Lahat, namun kali ini sidang via (melalui) teleconference (telekonferensi).

Kajari Empat Lawang, Ronaldwin SH melalui Kasi Pidum Andrianto Budiman SH menyampaikan, sidang kali ini dilakukan sebanyak 14 perkara berjalan dengan lancar sesuai petunjuk pemerintah pusat agar sidang dilakukan melalui teleconference dengan alasan pencegahan mewabahnya virus korona (Covid-19).

“Alhamdulillah disamabut baik para terdakwa, juga petugas tidak harus ke Lahat. Seperti sidang perkara pada umunnya, jaksa tetap hadir, hanya hakim yang melalui teleconference,” jelasnya.

Andrianto kembali menjelaskan, sidang sistem ini masih akan terus dilakukan sampai ada petunjuk resmi dari pemerintah pusat, sehingga kegiatan tetap berjalan dan berlangsung sesuai agenda persidangan. Namun tetap mentaati himbauan tidak berkumpul dalam waktu lama.

“Kita jalani saja sampai ada petunjuk lebih lanjut. Alhamdulillah sidang kemarin berjalan lancar dan tidak ada kendala. Singnal juga saat itu sedang bagus,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Lapas Kelas IIB Empat Lawang, Muhammad Ridwantoro SH melalui Kasi Pelayanan dan Kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan, Sukma Amri menjelaskan, sidang telconference dilakukan sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia, bahwa warga binaan tidak diperbolehkan keluar Lapas .

“Makanya digelar sidang online alias teleconference. Ya sempat ditakutkan listrik padam, namun Alhamdulillah lancar dan singnal kuat,” tukasnya. (frz)