14 Unit Mesin Pompa Air Bantu Petani

SILAMPARI ONLINE

REJANG LEBONG
– Kekeringan yang melanda Kabupaten Rejang Lebong menjadi perhatian serius dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong. Terbukti OPD ini menyiapkan 14 unit mesin pompa air untuk membantu petani yang lahan pertaniannya mengering.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Taman pada Harian Silampari, Selasa (10/9) mengatakan penyiapan mesin pompa air dilakukan guna membantu petani yang sawahnya mulai terdampak akibat musim kemarau sekarang melanda.
“Saat ini Brigade Alsintan Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong sudah menyiapkan 14 unit mesin pompa penyedot air. Alat ini disiapkan untuk membantu kelompok tani maupun masyarakat yang lahan pertaniannya terdampak kekeringan. Kelompok petani akan meminjam mesin pompa air bisa mengajukan peminjaman kepada Dinas Pertanian dan Perikanan melalui surat tertulis,” ungkapnya. Sehingga, sambung dia, alatnya bisa langsung dibawa hingga bisa dipakai secara berkelompok.

“Dari 14 unit mesin penyedot air yang disiapkan ini sebanyak enam unit sudah dipakai kelompok tani. Dengan sistem pinjam penggunaan,” sambung Taman

Para petani yang lahannya mulai terdampak kekeringan akibat kemarau, dipersilakan untuk mengajukan peminjaman melalui kelompok tani masing-masing. Petani bisa menyedot air dari sumber air yang tersedia guna dialirkan ke sawah secara bergiliran. Sejauh ini, dari pengamatan pihaknya sejumlah sawah milik petani tersebar dalam beberapa kecamatan sudah mulai terdampak kekeringan, namun untuk jumlah luasannya masih didata petugas penyuluh pertanian lapangan.

“Sudah ada lahan pertanian mengalami kekeringan seperti di Kecamatan Kota Padang dan kecamatan lainnya, saat ini petugas penyuluh lapangan sedang melakukan pendataan luasannya,” imbuhnya.(HS-06)