oleh

146 Rumah Warga Terendam Banjir

-daerah-293 Dibaca

Silampari Online,

LAHAT – Akibat curah hujan dengan itensitas tinggi tak berhenti sejak Selasa malam hingga Rabu (14/3/18) pagi, menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kikim Area mengalami longsor dan rumah warga terendam banjir.

Informasi terhimpun, 146 rumah warga terendam banjir dengan rincian, di Kecamatan Kikim Timur tercatat 15 rumah warga di Desa Muara Danau, 24 rumah di Desa Lubuk Tampang, 15 rumah di Desa Gedung Agung. Sedangkan di Desa Petikal Lama dan Petikal Baru terdata masing-masing 1 rumah yang juga terendam banjir sekitar 1 meter dari lantai.

Sementara untuk di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, yang setiap tahun memang jadi kawasan rawan banjur ini, tercatat 100 rumah terendam banjir. 47 di antaranya terletak di Dusun 1 dan 53 rumah di Dusun 2.

Menurut Gusmadi, salah seorang Kepala Desa di Kecamatan Kikim Timur, banjir disebabkan meluapnya Sungai Kikim akibat hujan semalaman hingga siang hari ini.

“Airnya mulai merambah ke rumah-rumah warga itu, sekitar pukul 04.00 dinihari tadi,” ujar Gusnadi, Rabu (14/3)

Kendati demikian, kata dia, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja kerugian secara materiel sudah dipastikan ada.

“Namun secara rinci belum diketahui jumlah kerugian materi yang dialami masing-masing korban,” terangnya.

Terpisah, Camat Kikim Timur Genting SE menyampaikan, solusiny akan diusulkan bronjong sepanjang 400 meter dengan menggunakan dana APBD tingkat 1 dan pusat. 

“Untuk solusinya kami akan me ngusulkan pembangunan bronjong sepanjang 400 meter dengan menggunakan dana APBD tingkat satu dan pusat,” katanya. (HS-06)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel