Warga Tangkap Ular Piton Pemakan Ternak

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Fendi (43), warga Jl Sudirman, RT 1, Kelurahan Jogoboyo, Kecamatan Lubuklinggau Utara I seorang diri menangkap seekor ular piton yang acapkali memangsa hewan ternak ayam peliharaannya. Ular piton dengan panjang tiga meter, berat 10 kilogran itu ditangkap, Sabtu (24/2) pagi dikebun belakang rumahnya yang berjarak sekitar 50 meter. Butuh waktu sekitar setengah jam untuk menangkap ular piton yang saat itu tengah lapar dan ganas. “Saya lagi dikebun metik pepaya. Lalu melihat ada ular dirimbunan kebun,” jelasnya.

Muat Lebih

Saat hendak ditangkap, ular tersebut sangat agresif. Sehingga dalam proses penangkapannya, Fendi menggunakan kayu untuk menahan kepala ular piton agar tidak membuka mulutnya dan menghindari hal-hal tidak diinginkan. “Memang waktu itu, ayam masih belum dilepas, dikandang masih. Mungkin ularnya kelaparan, jadi ganas,” bebernya.

Fendi menambahkan, memang selama ini ayam peliharaannya seringkali hilang tanpa sebab. Setelah ditemukan dan ditangkapknya ular piton dikebun belakang rumahnya tersebut, Fendi baru menyadari jika selama ini ayam peliharaannya itu dimangsa ular piton. “Sempat hebih warga sini dengan ditemukan dan ditangkapnya ular piton,” jelasnya.

Pasca ditangkap, banyak warga sekitar rumahnya itu berdatangan hanya untuk melihat ular. Dan saat ini untuk sementara ular dikurung di dalam drum agar tidak lepas. Apabila ada warga yang ingin membelinya, Fendi akan menjualnya. “Kalau tidak ada yang mau membelinya, akan diberikan kepada orang yang biasa mengoleksi reptil,” pungkasnya.(HS-09)