Percepat Penyusunan APBDes Pencairan DD-ADD

Silampari Online, 

MUSI RAWAS- Sebanyak 186 Kepala Desa (Kades) di 14 Kecamatan dilakukan pembinaan dalam rangka percepatan penyusunan APBDes tahun 2018. Dimana, pembinaan tersebut bertujuan untuk pencairan Dana Desa (DD) serta Alokasi dana Desa (ADD).
Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Mefta Joni kepada Harian Silampari, Senin (26/2) di ruang kerjanya.

Muat Lebih

Dijelaskannya, guna mempercepat penyusunan APBDes Tahun 2018 pihaknya mengundang seluruh Kades di Mura untuk dilakukan pembinaan mengenai pencairan DD dan ADD. “Dari 14 kecamatan kita undang kadesnya untuk pembinaan percepatan penyusunan APBDes tahun 2018 dan setiap harinya empat kecamatan,”jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan,  dari 186 desa yang berada di Mura diakui belum satupun desa yang menyelesaikan APBDes tahun 2018. Padahal, bila sudah rampung tentunya maka dapat diproses pencairannya.
“Untuk saat ini belum ada Kades yang menyampaikan APBDes dan kalau ditingkat kecamatan kita kurang tahu. Karena sebelum sampai ke DPMD kades menyampaikannya terlebih dahulu ke Kecamatan,”terangnya.
Menurutnya, syarat untuk pencairan DD dan ADD tahap pertama tahun ini adalah laporan realisasi penggunaan dana sebelumnya dan APBDes tahun 2018. “Untuk DD sudah ditransper dari pusat sebanyak 20 persen dan ADD kita ajukan 60 persen semuanya sudah ada di kas daerah. Sedangkan, kalau ADD 40 persennya lagi akan diajukan di APBD perubahan,”ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) meminta agar pencairan DD tahap pertama ditahun ini dapat dipercepat dan pejabat nomor satu di Bumi Lan Serasan Sekentenan tersebut Februari ini semuanya sudah dicairkan. “Saya minta agar proses pencairan DD tahap pertama tahun ini segera dipercepat. Sehingga, dengan begitu realisasi dana tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya,”pungkasnya. (HS-02)