2.000 Pramuka Akan Datang ke Muratara

Ikuti Perkemahan Wirakarya Tingkat Sumsel

SILAMPARI ONLINE,

Muat Lebih

RAWAS ILIR-Direncanakan 2.000 Pramuka penegak dan pendega akan mendatangi Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) pada Minggu (24/11) mendatang. Rombongan dan official ini akan mengikuti Perkemahan Wirakarya (PW) IV Tahun 2019 Bumi Perkemahan Sungai Aur Desa Mekarsari, Kecamatan Rawas ilir.
Kegiatan ini akan berlangsung 24-28 November 2019, dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru. Sebelum, hari H pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muratara, Selasa (19/11) dipimpin Ketua Mabicab Muratara, HM Syarif Hidayat diwakili Sekda, Alwi Roham menyampaikan surat Gubernur Sumsel kepada Kakwarnas Budi Waseso untuk hadir pada acara pembukaan Perkemahan Wirakarya Sumsel di Bumi Perkemahan Sungai Aur Desa Mekarsari, Kecamatan Rawas Ilir.
“Kita mendapatkan jawaban dari Ka Kwarnas bahwa akan diatur dulu jadwalnya untuk datang pada PW nanti. Tapi kemungkinan Ka Kwarnas akan hadir pada acara perkemahan tersebut,” kata Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Muratara, A Bastari Ibrahim, Jumat (21/11). Pertemuan dengan Budi Waseso ini berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Saat itu diadakan juga pembukaan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru Saka Wabakti, sekiatr pukul 11.00 WIB.
Selain itu, Bastari, sapaannya memastikan acara PW akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumsel, karena itu sudah termasuk dalam agenda kegiatannya. “Insya Allah PW akan dibuka oleh pak Gubernur Herman Deru, dan diikuti 2.000 orang Pramuka Penegak Pandega dari 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel,” jelas mantan anggota DPRD Kabupaten Muratara, sembari menambahkan untuk mascot Perkemahan Wirakarya ini adalah Elino yang merupakan sosok seekor burung.
Bastari menyebutkan pada PW nanti akan lebih banyak kegiatan bakti fisik. Seperti lomba bidar di Danau Rayo serta pentas seni di tempat yang sama. “Nanti pelaksanaan PW itu bersamaan dengan Festival Danau Rayo serta peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Kalau bicara persiapan di lokasi sudah 90 persen terutama pembangunan 70 unit Mandi Cuci Kakus (MCK) sudah selesai dikerjakan. Sementara sumber air dengan dua sumur bor juga telah ada,” kata Bastari menambahkan masing-masing peserta nanti akan diangkut dengan bus ke lokasi perkemahan.
Sedangkan untuk sarana jalan, Bastari menyebutkan pihaknya sudah lakukan koordinasi dengan Pemkab Muratara untuk perbaikan jalan menuju ke Bumi Perkemahan. “Apalagi sebelumnya kepala OPD terkait telah lakukan peninjauan ke lokasi acara untuk melihat kesiapan di lapangan,” imbuhnya. (HS-09)