2 Pelaku Curanmor dan 1 Penadah Ditangkap

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Jajaran Polsek Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor milik Fauzi (35) yang hilang di rumahnya Jalan Jati Gang Gelora Kelurahan Pendopo, Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang.

Muat Lebih

Tidak memerlukan waktu lama Polsek Pendopo mengungakap kasus pencurian sepeda motor merk Yamaha Vixion warna Biru, bernomor polisi BG 4845 S ini, dalam waktu kurang dari 24 jam sejak dilaporkan, Polsek Pendopo berhasil menangkap 2 orang terduga pelaku dan satu orang terduga penadah, berikut barang bukti sepeda motor yang dicuri tersebut.

Dua tersangka pelaku tersebut antara lain FE (21) warga Desa Muaralintang Lama Kecamatan Pendopo Barat bersama temannya RI (19) warga Talangjawa Baru Kelurahan Beruge Ilir, Kecamatan Pendopo. Sementara DA (35) seorang petani warga Desa Macang Manis Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang, turut ditangkap polisi dalam kasus ini, dijadikan tersangka penadah. Ketiganya ditangkap di masing-masing rumahnya, Sabtu (24/2).

Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan melalui Kapolsek Pendopo, Iptu Hariyanto menceritakan kronologis pencurian sepeda motor ini berawal dari Jumat (23/2) sekitar jam 1.00 WIB dini hari. Saat itu para pelaku berjalan kaki di depan rumah korban, dan melihat pintu garasi tidak terkunci, lalu kedua pelaku masuk kedalam garasi dan mengambil sepeda motor Vixion korban dengan cara merusak kunci kontak sepeda motor, menggunakan kunci letter T. 

Ketika para pelaku menyalakan sepeda motor, terlihat oleh salah seorang warga yang saat itu sedang  bertugas jaga malam. Selanjutnya warga tersebut mengejar para pelaku sampai ke Gang PLN, namun para pelaku dapat melarikan diri menggunakan sepeda motor milik korban. 

“Di gang PLN warga ini bertemu dengan seorang warga lain dan warga ini membenarkan ada sepeda motor Vixion lewat berboncengan. Selanjutnya warga petugas jaga malam ini kembali kerumah korban dan melaporkan kejadian itu ke Polsek Pendopo,” jelas Hariyanto, Minggu (25/2).

Berdasarkan laporan tersebut, kata Kapolsek, kemudian unit Reskrim Polsek Pendopo, melakukan penyelidikan dan didapatkan informasi tentang salah seorang pelaku pencurian tersebut yakni tersangka RI. 

“Kemudian pada hari Sabtu (24/2) sekitar jam 00.30 WIB, dilakukan pengintaian terhadap tersangka RI di rumahnya, setelah dipastikan keberadaannya, dilakukan penangkapan tanpa perlawanan, selanjutnya dibawa ke Polsek Pendopo untuk pengembangan lebih lanjut,” urainya.

Dari hasil interogasi terhadap tersangka RI ini, kata Hariyanto, didapat keterangan jika yang bersangkutan tidak melakukan pencurian tersebut bersama temanya FE dan DA sebagai pembeli sepeda motor tersebut. Selanjutnya anggota unit Reskrim Polsek Pendopo sekitar jam 02.00 WIB, menuju ke rumah tersangka FE. “Setelah dipastikan keberadaannya di rumah, lalu dilakukan penangkapan juga tanpa ada perlawanan dan dibawa ke Mapolsek Pendopo,” katanya.

Selanjutnya sekitar jam 3.30 WIB, anggota unit Reskrim Polsek Pendopo menuju ke rumah tersangka DA di desa Macang Manis Kecamatan Talang Padang. Setelah tiba dirumah DA, dan diperkirakan situasi aman, salah seoarang anggota mengetuk pintu, setelah pintu dibuka oleh tersangaka DA, anggota masuk dan mengamankan tersangka DA.

“Saat dilakukan penggeledahan di rumah DA, ditemukan sepeda motor milik korban. Lalu tersangka DA dan sepeda motor dibawa ke Polsek Pendopo untuk dilakukan proses penyidikan selanjutnya,” pungkasnya.(HS-04)