20 desa belum ajukan pencairan dana desa tahap III

Silampari Online

REJANG LEBONG – Hingga menjelang akhir November 2019 ini dari 122 desa tersebar di 14 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong 20 desa yang tersebar 8 kecamatan belum melakukan pengajuan pencairan dana desa (DD) tahap ke III.

Muat Lebih

Dijumpai Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong Ahmed Chalid, Selasa (19/11) mengatakan pihaknya telah menimbau agar desa desa lain yang belum melakukan pengajuan pencarian DD tahap III ini untuk segera melengkapi berkas syarat pengajuan dan menyampaikanya ke PMD.

” Sampai saat ini yang belum mengusulkan DD tahap III tinggal 20 desa lagi dari 122 desa sekabaupaten Rejang Lebong

Dijelaskan Achmed, desa-desa yang sudah mengusulkan DD tahap ke III saat ini sedang diusulkan SP2D-nya di bagian keuangan. DD tahap III ini, sebesar 40 persen dari alokasi DD yang diterima masing-masing desa atau sebesar sekitar Rp44 miliar.

” Kalau total DD tahun ini jumlahnya sekitar Rp 110 miliar lebih, kalau 40 persenya sekitar 44 milyar ditahap III ini,” Terang Ahmed.

Untuk desa-desa yang belum mengusulkan tahap III diharapkan bisa segera menyampaikan, sehingga Desember mendatang seluruh kegiatan Dana desa bisa terlaksana 100 persen.

” Surat imbauan untuk segera mengajukan pencarian ini sudah kita kirim ke Desa desa melalui Kecamatan,” kata Achmed.

Ditambahkan Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa Dinas PMD Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana untuk penyaluran DD tahap
III masing-masing desa harus memenuhi ketentuan penyerapan sampai dengan tahap kedua paling sedikit penyerapannya 75 persen dan capaian kerja (output) sampai tahap kedua paling sedikit 50 persen.

Sementara itu, 20 desa dari 8 kecamatan yang belum mengajukan pencairan dana desa tahap ke III ini adalah yakni kecamatan Binduriang desa Air Apo, Sindang Kelingi desa kayu manis dan desa Air Dingin, kecamatan Curup Selatan desa Teladan dan desa Lubuk Ubar,kecamatan Curup Utara desa Batu dewa,Perbo,Dusun Sawah, Tasikmalaya,serta desa Seguring kemudian Kecamatan Curup Timur yakni Desa Duku Ulu,kecamatan Bermani Ulu yakni desa Air Mundu,Slamet Sudiarjo,desa Kampung Melayu,Kecamatan Selupu Rejang Desa Kali Padang kemudian kecamatan Bermani Ulu Raya yakni desa Babakan Baru,Sumbweo Transas,Dataran Tapus,terakhir kecamatan Sindang Dataran yakni desa Air Rusa dan Desa Sinar Gunung.(HS-06)