2020, Target Jadi KLA

Foto : Ist/PP BENTUK : Ketua PKK, Ir Hj Suryanti Ngerti Rahayu membentuk PIK Remaja di Kelurahan/desa di kota ini menuju KLA.

SILAMPARI ONLINE

PRABUMULIH
– Menyonsong kota layak anak (KLA) pada 2020 mendatang, Pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP2A) menjalankan sejumlah program. Salah satunya, pembentukan pusat informasi konseling (PIK) Remaja di kecamatan hingga kelurahan/desa.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPPKBP2A, Eti Agustina SKM MKes menerangkan, sejauh ini sudah ada 56 kelompok PIK Remaja terbentuk tersebar di 6 kecamatan di Kota Nanas ini. “Awalnya, 49 kelompok PIK Remaja telah dibentuk. Belum lama ini, 7 PIK Remaja kita bentuk lagi. Target kita hingga 70 kelompok PIK Remaja bisa terbentuk nantinya,” ujar Eti, Mantan Ketua IBI ini kepada awak media, kemarin (17/9).

Ungkap Eti, PIK Remaja ini berupaya memberikan penyuluhan kepada remaja masalah batas usia pernikahan, masalah seks bebas, dan lain-lainnya. “Program dijalankan PIK Remaja ini melalui kelompoknya, sangat efektif mewujudkan KLA. Dan, kita optimis bisa mewujudkan itu,” terangnya. Akunya, guna mewujudkan KLA. DPPKBP2A mengandung Tim Penggerak PKK, menjalankan program PIK Remaja tersebut. “Kita bersinergi dengan TP PKK, tidak hanya PKK tingkat kecamatan tetapi hingga Kelurahan/Desa. Melakukan pembinaan dan juga menjalankan program-program PIK Remaja menuju KLA,” pungkasnya.

Muat Lebih

Tidak hanya itu, akunya guna mewujudkan KLA. Jelas harus didukung, kebijakan Pemkot. Dan, hal itu telah dilakukan dengan dikeluarkan Peraturan Walikota (Perwako), penunjang mewujudkan KLA tersebut. “Bukan sekedar program, tetapi juga kebijakan dari Pemkot sangat diperlukan,” pungkasnya.

Ungkapnya, Perwako tentang KLA, yaitu Perwako No 56 /2019. Sekarang ini, kata dia menambahkan tengah disusun naskah akademik untuk penyusunan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengarusutamaan Gender dan Perda tentang perlindungan terhadap perempuan dan anak. “Kita juga segera membentuk Gugus Tugas KLA, kordinasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti; Dinkes, Diknas, Bappeda, Disdukcapil, Inspektorat, Dinsos dan DPMD,” tambahnya. Bebernya, selain itu juga telah dideklarasikan forum anak untuk mendukung KLA. “Semoga, berbagai upaya telah lakukan berbuah manis. Dengan diraihnya Prabumulih, sebagai KLA pada 2020 mendatang,” pungkasnya.

*Sumber : Prabumulih Pos