oleh

25 Warga di Musi Rawas Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Sedikitnya sudah 25 warga di wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

“Sepanjang Covid-19 ini sudah ada 25 orang yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Atau tingkat kematian mencapai 4,8 persen. Sedangkan untuk data sebenarnya ada beberapa di wilayah Kecamatan, namun untuk pastinya di data,”kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura, Edi Iswanto melalui Sekretaris, M Nizar.

Dikatakannya, hingga 19 April 2021 kasus Covid-19 di Mura mencapai angka 499 kasus dengan kasus sembuh sebanyak 427 atau tingkat kesembuhan mencapai 85 persen.

Menurut ia, ada beberapa faktor resiko yang membuat orang meninggal dunia ketika terpapar Covid-19, diantaranya faktor usia. Dimana semakin tinggi usia, maka semakin berisiko pada kematian. Kemudian, memiliki penyakit bawaan menjadi orang paling berisiko meninggal karena Covid-19.

“Maksudnya memiliki kondisi kronis yang mendasari, seperti memiliki penyakit jantung koroner atau diabetes termasuk hipertensi, penyakit jantung  dan diabetes,”paparnya.

Hanya saja, diimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang sudah ditetapkan Pemerintah, mulai menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menghindari kerumunan.

“Setidaknya, upaya ini mampu menjadi benteng yang peling mudah dilakukan untuk melindungi diri kita dari paparan Covid-19. Karena virus ini tidak terlihat dan kemungkinan ada disekitar kita,”bebernya.

Selain menerapkan protokol kesehatan. Dia juga mengajak masyarakat agar ikut mensukseskan program vaksinasi yang digaungkan oleh pemerintah. Memang saat ini, baru sebatas masyarakat pelayan publik seperti ASN dan guru, serta lansia. Namun tentu kedepan masyarakat umum juga akan diberikan vaksin yang sama.

“Vaksin ini aman dan halal, bahkan sudah jutaan masyarakat menggunakannya. Jadi jangan takut, terima petugas yang ingin mendata untuk mendapat vaksin. Vaksin ini untuk memberikan kekebalan tubuh, agar dapat membunuh virus Covid-19 dalam tubuh,”pungkasnya. (Kris)