257 PNS Mura Pensiun dan Mutasi

Silampari Online,

MUSI RAWAS – Tahun 2018 tercatat ada sebanyak 257 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak mengabdikan diri lagi di Bumi Lan Serasan Sekentenan.

Muat Lebih

Hal ini dikarenakan pegawai tersebut telah purnabhakti (pensiun) serta mutasi ke daerah lain.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) H Rudi Irawan Ishak melalui Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Kepangkatan mengatakan, untuk jumlah seluruh PNS di Mura tahun 2017 tercatat sebanyak 6.203 PNS dan tahun 2018 menjadi 5.946 pegawai.

“Artinya ada 257 pegawai yang tidak mengabdi lagi di Mura disebabkan mereka pensiun maupun mutasi ke daerah lain,”jelas Amin kepada Harian Silampari, Kamis (24/1).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, untuk mutasi saja sebagaimana data yang sudah direkap ada kurang lebih 30 pegawai baik ke Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kota Lubuklinggau hingga mutasi ke Provinsi lain.

“Selain mutasi keluar ada juga PNS yang masuk ke Mura dan tercatat sedikitnya ada 43 orang,”terangnya.

Menurutnya, dalam hal pengajuan mutasi di dalam daerah sendiri maka yang bersangkutan harus ada surat rekomendasi dari kepala OPD yang lama dan dari OPD yang dituju. Sedangkan, untuk mutasi keluar daerah harus sesuai dengan kebutuhan dan izin dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini kepala daerah dan persetujuan dari Gubernur Provinsi Sumatera Selatan.

“Beda dengan untuk mutasi masuk ke Kanbupaten Mura, pertama adanya formasi jabatan yang diusulkan pindah, lulus seleksi administrasi, lolos tes tertulis, lolos tes narkoba, bebas hukuman disiplin dan pastinya harus ada rekomendasi dari PPK tempat asal,”pungkasnya. (HS-03)