29 Januari, Pelantikan Calon Kades Terpilih

 Silampari Online, 

MUSI RAWAS- Setelah Sebelumnya tahap pertama 11 kepala desa (Kades) bersama satu Kades PAW telah resmi dilantik hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sistem E-Voting 2017. Maka giliran 7 calon kades terpilih lainnya akan segera dilantikan tepatnya pada 29 Januari mendatang. Hal ini sampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Mefta Jhoni melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Rian Pratama saat diwawancarai Harian Silampari, Kamis (18/1) diruang kerjanya.

Muat Lebih

Dijelaskannya, bahwa sesuai kesepakatan hasil musyawarah panitia pelaksanaan pemilihan kepala desa ( Pilkades) serentak E-Voting 16 desa tahun 2017. Disepakati, untuk pelaksanaan pelantikan kades terpilih digulirkan selama dua tahap dan untuk tahap pertama belum lama akhir tahun 2017 lalu telah dilangsungkan. Kemudian, untuk tahap kedua 7 kades lainnya akan diambil sumpah jabatannya. “Untuk rencana jadwal pelantikan sudah kita sampaikan permohonan ke Bupati dan akan dilaksanakan di Auditorium Pemkab Mura”jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk ketujuh kades terpilih yang dijadwalkan akan dilantik tersebut antara lain, kades Batu Gane, Taba Tengah Kecamatan Selangit, Kosgoro Kecamatan Terawas, Muara Kati Baru II Kecamatan TPK, Rantau Ali Kecamatan Suka Karya, Kalibening dan Surodadi Kecamatan Tugumulyo.

“Kalau dari semua tahapan akhir sudah sejak akhir tahun ada sebanyak 16 desa pilkades dan semuanya baik soal sengketa maupun lain sudah clear tidak ada masalah. Sehingga, pelantikan tahap kedua terhadap tujuh kades dan 5 kades terpilih dan kades PAW segera dilantik,” terangnya.

Menurutnya, secara teknis kesiapan pelantikan semuanya telah dipersiapakan. Sebab, kegiatan pelantikan kades sendiri hampir sama dengan pelantikan-pelantikan sebelum dan tidak ada perubahan. “Dalam waktu dekat kita akan koordinasikan pelaksanaan pelantikan ini kepada tujuh kades yang akan dilantik dan camat,”tuturnya.

Selain itu, melihat dari pada keberadaan jumlah kades hendak dilantik tidak terlalu banyak seperti sebelumnya. Tentunya, pelaksanaan pelantikan nanti dapat berlangsung dengan sukses seperti pelantikan kades ditahap pertama akhir 2017 yang lalu. “Intinya kita harapkan pelantikan tahap dua tujuh kades nantinya dapat berlangsung dengan lancar sesuai yang diinginkan,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan TPK, Dien Candra menjelaskan, untuk sengketa Pilkades Muara Kati Baru II telah selesai. Sehingga, dengan begitu selanjutnya hanya menunggu pelaksanaan pelantikan saja yang telah direncanakan pada 29 Januari mendatang. “Saya harapkan ketujuh kades yang dilantik khususnya desa Muara Kati Baru II dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk kemajuan ditingkat desa,”pungkasnya. (HS-02)