3 Jembatan Pulau Rimau Rusak Berat

Kondisi Jembatan Tanah Kering Penghubung antar desa di Kecamatan Pulau Rimau rusak berat, Rabu (31/7/2019). foto Heriyanto-Silampari Online

Silampari Online,

BANYUASIN-Kondisi Jembatan Tanah Kering Penghubung antar desa di Kecamatan Pulau Rimau Rusak berat. Jika tidak segera diperbaiki oleh Pemerintah kabupaten Banyuasin, ini akan mengakibatkan terganggunya akses Tranportasi masyarakat yang akan melintas setiap hari termasuk juga dengan kelangsungan perekonomian warga di Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan Pantauan di lapangan terlihat masyarakat pengguna jalan jembatan ini, extra hati hati akan melewatkan kendaraannya baik yang akan menuju ke desa desa di Kecamatan Pulau Rimau atau Kecamatan Selat Penungguan sebaliknya yang akan keluar dari desa tersebut. Karena papan yang terpasang di jembatan sudah banyak yang lepas, kalau tidak orang sudah biasa lewat dikwatirkan kendaraan akan teperosok lubang jembatan.

Menurut Ninik, salah satu warga Kecamatan Pulau Rimau yang setiap hari keluar masuk pakai kendaraan roda empat menggunakan akses jembatan Tanah kering Penghubung Trans Pulau Rimau ini, merasa takut kalau mau melintas jembatan ini. “Ya pak, setiap mau pulang ke trans pulau rimau atau mau balik lagi keluar merasa takut kendaran akan teperosok kelubang, jadi harus pelan pelan akan melintas ,” ujarnya.

Sementara H Ali Mahmudi SH MSi Dewandari Partai Demokrat , anggota DPRD Banyuasin Komisi III berharap, Pada Pemerintah Kabupaten Banyuasin cepat tanggap terhadap keluhan masyarakat, jangan sampai ada korban baru akan diperbaiki, jangan sampai daerah pulau rimau jadi terisolir akibat jalan dan jembatan rusak, “ jelasnya.

Menyikapi Permasalahan keluhan masyarakat Kecamatan Pulau Rimau kondisi jembatan rusak ini, H Ali Mahmudi SH MSi, Anggota dewan dari Partai Demokrat dapil Pulau Rimau di Komisi III DPRD Banyuasin, mengatakan bahwa apa yang sudah diprogramkan Bupati Banyuasin pembangunan jalan poros di kecamatan pulau rimau samapai kecamatan Selat penungguan akan diperbaiki tidak ada jalan rusak, sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat jalan rusak lagi.kita dukung apa yang menjadi program Bupati Banyuasin.

Namun selain perbaikan jalan , Ali Mahmudi juga berharap agar Bupati Banyuasin memperbaiki Jembatan harus diikut sertakan juga. ” Jangan hanya jalan saja, ada tiga jembatan yang rusak berat perlu diperbaiki seperti jembatan tanah kering ini, Jembatan Mukut menujun primer I, dan jembatan kelapa dua ujung kecamatan selat penuguanmenuju Karang agung, tiga jembatan ini juga diperbaiki, insa Allah ekonomi masyarakat disana akan baik dan maju kalau akses Jalan Jembatan sudah bagus,” ungkapnya.

Bupati Banyuasin melalui Plt DPUTR Banyuasin, H Ardi Arfani saat dikonfirmasi melalui Hand Phone WhatsApp mengatakan, bahwa dari Dinas ini sudah dianggarkan pada tahun 2019, melalui dana bantuan Gubernur untuk diperbaiki dan sekarang masih proses Pelelangan.

“Untuk hari ini akan diperbaiki sementara, atas bantuan PT Karya Sawit Lestari merupakan inisiatif Camat Pulau Rimau, di lokasi jembatan juga akan dipasang papan peringatan agar kendaran yang melintas mengurangi Muatan Tonase angkutan,“ katanya.

Selain itu juga ada di Primer I, ada 6 Desa Box Calver yang perlu dibangun, kedepan apa bila akses ini sudah terealisasi masyarakat Pulau Rimau tidak terasa terisolir dari kecamatan lain di Banyuasin, karena jalan jembatan sudah bagus,” pungkasnya. (KHS-02)