30 Anggota DPRD Ikuti Bimtek

Silampari Online

REJANG LEBONG- 30 anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong mulai Selasa (8/10) hingga Jumat (11/10) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait peraturan perundang-undangan, tugas dan fungsi anggota dewan terkait Fungsi legislasi, fungsi Anggaran, Fungsi Pengawasan.
Sekwan DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Zulkarnain mengatakan bahwa Bimtek 30 anggota dewan dilaksanakan dengan bekerjasama Badan kepagawaian Sumber Daya Manusia Provinsi Bengkulu, dan diadakan di Hotel Santika Bengkulu.
“Seluruh anggota dewan baik yang lama dan baru mengikuti Bimtek yang merupakan orientasi awal sebelum anggota dewan menjalankan tugas. Narasumber Bimtek berasal dari BPSDM Kendagri, dari Dirjen perbendeharaan negara,” terang Zulkarnain.
Lebih lanjut ia menyatakan terkait anggaran pelaksanaan Bimtek, menggunakan APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun anggaran 2019. Anggaran untuk Bimtek sudah ditentukan sebesar Rp 5 juta atau Rp 150 juta untuk 30 anggota dewan.
“Anggaran Rp 5 juta untuk biaya diklat, penginapan, makan maupun materi-materi diklat. Sedangkan untuk uang saku masing-masing anggota dewan lain lagi. Uang saku ini sudah ditentukan melalui aturan,” tutur Zulkarnain.
Sementara berdasarkan jadwal telah ditentukan panitia Bimtek, kemarin seluruh anggota dewan Rejang Lebong mendapatkan materi Bimtek dari Kanwil Ditjen Perbendeharaan Negara. Di hari kedua peserta akan mengikuti materi pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah disampaikan BPSDM Kemendagri.
Dilanjutkan materi Pancasila, UUD 1945 dan wawasan Kebangsaan. Di hari ketiga seluruh anggota dewan mendapatkan materi sistem pemerintahan indonesia, internalisasi integritas, fungsi tugas dan haj kewajiban anggota DPRD, Hubungan kerja DPRD dengane pemerintah daerah dab pada hari terakhir melanjutkan materi hubungan kerja DPRD dengan kepala daerah.

Muat Lebih

“Pembekalan bagi anggota dewan dilakukan agar paham tupoksinya sebagai wakil rakyat, sesuai peraturan yang ada,” jelasnya.(HS-06)