30 Napi Diberikan Keterampilan Kerajinan Rotan

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : AGUS/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kasi Binadik Lapas Lubuklinggau Suradi dan napi menunjukkan hasil kerajinan rotan, Senin (17/6).

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU-Kalapas Lubuklinggau Imam Purwanto melalui Kasi Binadik, Suradi mengatakan, kegiatan pelatihan ketrampilan kerajinan rotan bersama sanggar famili brotan Musi Rawas dan warga binaan.

Muat Lebih

“Peserta 30 orang narapidana. Perempuan 8 dan laki laki 22. Kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00 Wib sampai dengan 14. 30 wib,”ungkapnya.

Mulai hari, sambung dia pemberian keterampilan ini harus sampai bisa. Dan pelaksanaannya dilakukan setiap hari kecuali pada hari libur.

Untuk tahapan pemberian keterampilan ini dimulai dari penganyaman pas bunga, gebuk kasur, kursi meja dan mainan anak-anak dan masih banyak lainnya.

“Peserta yang kita pilih yang hukuman tinggi, minimal 2 tahun keatas. Biar nanti mereka bisa menerapkan ilmunya kepada warga binaan lainnya,”katanya.

Saat ini, isi lapas sebanyak 1000. Nanti yang terlatih bisa melatih.
Makanya dalam pelatihan ini benar-benar dimasakkan betul. “Kita minta bantuan ke sanggar famili, alhamduliah mereka bisa,”ucapnya.

Harapannya, sambung dia bisa memberikan keterampilan dan mempunyai lapangan pekerjaan, yang mana sebelumnya banyak tuna karya. Setelah kelar bisa digunakan sendiri dan untuk orang lain.

“Kegiatan keterampilan ini dibuka oleh Kades Srimulyo, Hamdano, Ketua BPD Abdul Rohim,”pungkasnya.(HS-01)