5 Catin Nikah Dibawah Umur, Ini Syaratnya

Foto : Rian/PP CEK : Kepala KUA Kecamatan Prabumulih Timur, H Miftahuddin SAg MHI bersama staff mengecek jumlah catin menikah hingga September, kemarin.

SILAMPARI ONLINE

Sebanyak 5 calon pengantin (Catin) harus mengantongi izin dari pengadilan terlebih dahulu, sebelum dinikahkan penghulu dari KUA Kecamatan Prabumulih Timur.  Lantaran, kelima batin tersebut menikah diusia muda alias dibawah umur. Karena, menurut UU Perkawinan, laki-laki minimal umurnya 18 tahun dan perempuan minimal 16 tahun diperbolehkan menikah.

Muat Lebih

Hal itu ditegaskan Kepala KUA Kecamatan Prabumulih Timur, H Miftahuddin SAg MM ketika dibincangi di ruang kerjanya. Kalau, sebanyak 5 catin terpaksa mengurus izin ke pengadilan, karena menikah dibawah ketentuan.

“Kebanyakan memang perempuan dibawah umur, makanya harus izin dahulu pengadilan. Baru bisa kita silahkan,” ujarnya kepada awak media, kemarin (11/9). Sambungnya dari Januari hingga September sudah tercatat sebanyak 355 pernikahan di KUA Kecamatan Prabumulih Timur. Sementara itu, untuk September ini sudah terdata 37 pernikahan sudah dilangsungkan dan dalam proses.

“Seminggu, kalau lagi sepi hanya 1 pasang. Sedangkan, jika ramai bisa hingga 10 pasang. KUA Prabumulih Timur sendiri memiliki 3 penghulu,” jelas Mifta, sapaan akrabnya. Ungkapnya, sebelum menikah, catin harus mengurus persyaratan di KUA Kecamatan Prabumulih Timur. Diantaranya; fotokopi KK dan KTP, Model N1-N15, pas photo, dan lainnya. “Untuk jelasnya, persyaratan bisa ditanyakan kepada kita (Kantor KUA, red),” pungkasnya.

*Sumber : Prabumulih Pos